3 Penyebab Utama Bayi Sulit Tidur dan Cara Mengatasinya

Merries Insight
14 Agustus 2014
Tumbuh Kembang
Share
3 Penyebab Utama Bayi Sulit Tidur dan Cara Mengatasinya

Hampir sebagian besar orang tua terutama Ibu pernah mengalami masalah kurang tidur ketika memiliki bayi. Tapi dampak kurang tidur bagi Ibu tidaklah terlalu besar berpengaruh pada kesehatan karena telah memiliki daya tahan dan kekebalan tubuh yang sudah sempurna. Namun akan berbeda dampaknya pada bayi bila kurang tidur, bayi yang memiliki waktu tidur kurang akan mengalami penurunan daya tahan dan kekebalan tubuh, gangguan perkembangan fisik, gangguan pertumbuhan serta menyebabkan terhambatnya tumbuh kembang otak buah hati, dan yang paling buruk adalah hal ini akan berpengaruh pada kemampuan berpikirnya kelak ketika dewasa. Disinilah pentingnya bagi Moms untuk mengetahui penyebab bayi sulit tidur dan bagaimana cara mengatasinya, agar bisa memaksimalkan tumbuh kembang buah hati Anda. Berikut beberapa penyebab bayi sulit tidur dan bagaimana cara mengatasinya.

  1. Bayi Mengalami Flu dan Batuk

Saat bayi mengalami sakit flu dan batuk, maka ia akan sulit untuk tidur nyenyak dalam jangka waktu yang lama, hal ini terjadi karena hidungnya secara terus menerus mengeluarkan cairan sehingga membuat pernafasannya tersumbat, sehingga mengalami kesulitan untuk bernafas dan diperparah lagi dengan batuk yang terkadang menyertai.

Cara mengatasinya adalah:

Untuk meredakannya, upayakan agar bayi tidur diatas bantal sehingga kepalanya lebih tinggi dari kaki, lebih sering beri minum agar tenggorokannya nyaman, oleskan minyak telon pada bagian dada dan leher untuk menghangatkan tubuh dan melegakan pernafasannya.

  1. Popok Bayi Basah

Umumnya bayi yang berusia 0-6 bulan mengompol 6-7 kali dalam semalam, karena itu sebaiknya Moms memilih popok yang permukaannya cepat menyerap air dan tetap kering meskipun telah diompoli. Popok Merries dengan teknologi permukaan bergelombang, memastikan udara dapat mengalir leluasa di antara popok dan kulit, sehingga kulit tetap kering dan nyaman. Moms dapat mengetahui apabila air kencing sudah penuh dan sudah tidak nyaman lagi dipakai dengan bantuan alaram penanda pipis yang berubah warna.

  1. Terdapat Ruam Pada Kulit Bayi

Ruam pada kulit bayi akibat popok yang basah dan kebersihan kulit yang kurang terjaga, seringkali menjadi penyebab bayi tidak bisa tidur nyenyak. Banyak Moms yang memilih untuk mengganti popok sesering mungkin, memakaikan bedak, atau menggunakan krim pelindung untuk buah hatinya. Cara yang lebih efektif untuk mencegah terjadinya ruam pada kulit bayi, terutama pada bagian selangkangan, adalah dengan memilih popok yang benar-benar berkualitas, yang memberikan kenyamanan dan kelembutan pada bayi dengan Air Soft System yaitu teknologi permukaan yang memiliki gelombang backsheet agar sirkulasi udara dan Airy Gather terasa sangat lembut dan pas untuk setiap gerakan buah hati kesayangan Anda. Saat ini telah hadir Merries untuk menjawab kebutuhan buah hati kesayangan Moms akan Popok yang berkualitas, higienis, lembut, dan nyaman.