3 Cara Mengurangi Permen Untuk Anak

Merries Insight
01 September 2014
Tumbuh Kembang
Share
3 Cara Mengurangi Permen Untuk Anak

Gigi susu adalah gigi penyusun anak-anak. Kondisi gigi susu mudah rapuh seperti gigis, berlubang, dan goyang. Gigi susu goyang wajar terjadi karena akan mengalami pergantian dari gigi susu menjadi gigi tetap. Kesehatan gigi tercipta tergantung Moms mendidik anak membiasakan sikat gigi secara teratur. Gigi susu anak yang mudah rusak berarti Moms kurang peduli mendidik sikat gigi itu penting. Ajarilah sikat gigi sejak dini pada anak. Terlebih anak gemar mengkonsumsi permen yang mampu merusak gigi susu. Jangan sampai baru menginjak usia lima tahun, gigi anak Moms sudah banyak yang gigis. Perhatikan 3 cara mengurangi permen demi kesehatan gigi anak.

  1. Alternatif Konsumsi Permen

Lebih mudah dijalankan sejak dini ketika anak belum mengenal permen. Anak belum tahu seperti apa permen itu. Jika sudah terlanjur gemar mengonsumsi permen, Moms perlu memberikan alternatif. Moms perlu pintar mengolah makanan manis pengganti permen. Seperti membuat camilan yang menyehatkan gigi dan tubuh anak Moms. Berikan es krim, yogurt, olahan buah untuk anak Moms. Buatlah menjadi olahan yang manis. Untuk buah Moms dapat membuat jus, manisan, atau kue dari buah.

  1. Bukan Menjadi Kebiasaan

Anak memang akan merengek ketika melihat permen. Moms harus tegas untuk tidak membelikan anak beli permen. Jika Moms sekali membolehkan beli permen anak maka akan menjadi kebiasaan. Hanya Moms yang boleh membeli permen untuk anak. Tetapi Moms perlu membiasakan jarang membelikan permen untuk anak Moms.

  1. Membiasakan Konsumsi Sayur Dan Buah

Ajak anak Moms untuk lebih terbiasa mengonsumsi sayur dan buah. Walaupun sayur dan buah tidak terlalu manis dibanding permen, tetapi dapat menyehatkan gigi anak Moms. Moms perlu setiap hari mengonsumsi sayur dan buah setiap hari dengan menu yang berbeda-beda.

Jika anak Moms merengek ingin permen, lihat sudah berapa lama anak tidak mengonsumsi permen. Jika sudah lebih dari dua minggu, belikanlah permen. Pilihkan permen yang lunak atau permen batang seperti lollipop. Pastikan rentang waktu konsumsi permen stabil untuk menjaga kesehatan gigi anak Moms.