3 Cara Mengenalkan Sejarah Indonesia Pada Anak

Merries Insight
08 Januari 2015
Tumbuh Kembang
Share
3 Cara Mengenalkan Sejarah Indonesia Pada Anak

Anak biasanya hanya mengetahui tentang sejarah dari mata pelajaran di sekolah yakni dari pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dengan hanya mengandalkan mata pelajaran tersebut, anak tentu tidak akan tahu betapa indahnya budaya–budaya Indonesia yang sebenarnya. Untuk itu, ajaklah si kecil berpetualang untuk melihat hasil karya dan budaya bangsa Indonesia sejak dulu.

Belajar Wayang

Apa yang Moms ingat dari dunia wayang? Moms mungkin akan mengingat dalang, lagu–lagu tradisional yang mengiringi wayang, dan cerita–cerita pewayangan yang dibawakan oleh sang dalam. Namun bagaimana jika Moms memperkenalkan si kecil untuk mengenal wayang dari tahap yang paling dasar yakni bagaimana cara membuat wayang.

Membuat wayang memang agak sulit. Namun, walaupun cara pembuatannya cukup sulit, si kecil dapat belajar untuk lebih memusatkan perhatian dan meningkatkan ketekunannya saat membuat wayang. Anak juga akan memperoleh pengetahuan baru bahwa dia bisa membuat wayang sendiri dari janur. Jika Moms tidak bisa membuat wayang dari janur dan memerlukan sumber yang lebih ahli, ajaklah si kecil ke Museum Wayang. Museum ini terletak di Jalan Pintu Besar Utara nomor 27 Jakarta Barat.

Belajar Batik

Batik adalah salah satu kebudayaan tradisional yang sudah diketahui oleh semua masyarakat Indonesia dan sudah diakui secara internasional. Oleh sebab itu penting untuk mengenalkan batik sejak dini dan mencintai kain tradisional ini. Untuk itu Moms dapat mengajak si kecil berkunjung ke Museum Tekstil yang terletak di Jalan Aipda KS Tubun nomor 2 – 4, Jakarta Pusat. Di sana, si kecil dapat belajar menggambar dan melukis batik menggunakan alat batik tradisional yakni malam dan canting.

Belajar Tarian Tradisional

Untuk buah hati Moms yang senang bergerak dan aktif, Moms dapat mengenalkan anak budaya dengan dengan berkunjung ke sanggar tarian tradisional Matara Art Center. Sanggar tari ini terletak Jln. K.H. Wahid Hasyim Nomor 129, Jakarta Pusat. Sanggar tari tradisional ini menyajikan berbagai macam tarian tradisional daerah Indonesia mulai dari tari tradisional Aceh, Jawa, Bali hingga tarian Betawi.