3 Cara Mengajarkan Anak Menggunting

Merries Insight
04 September 2014
Umum
Share
3 Cara Mengajarkan Anak Menggunting

Benda-benda berbahaya perlu dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Terlebih benda tajam yang membahayakan keselamatan anak. Belum cukup mengerti kegunaan benda-benda yang dilarang membuat anak sering penasaran. Rasa penasaran membuat anak ingin menggunakan. Moms perlu menyimpan baik benda-benda tajam tanpa sepengetahuan anak. Tetapi untuk memperkenalkan kegunaan benda tajam juga perlu. Seperti memperkenalkan gunting kepada anak. Gunting masih dianggap cukup aman digunakan untuk anak. Cobalah ajarkan anak menggunakan gunting. Dampingi sampai anak Moms mahir menggunakan benda tajam tersebut.

  1. Pilihkan Gunting Khusus

Gunting diproduksi bermacam-macam dan Moms harus pilihkan gunting khusus untuk anak. Jenis gunting yang tidak terlalu tajam dan hanya mampu untuk menggunting kertas. Jika bentuk gunting secara umum memiliki bagian tipis dan tajam. Untuk gunting khusus anak terlihat tumpul dan tetap dapat untuk menggunting kertas.

  1. Pilihkan Media Untuk Menggunting

Sebelum mengajarkan cara menggunakan gunting. Pilihlah selembar kertas untuk media menggunting. Ajarkan anak Moms mulai dengan menuntun tangan mungil sang anak saat menggunting kertas. Ajarkan cara memegang gunting secara nyaman dan tidak kaku. Baru ketika anak Moms merasa sudah mulai paham, lepaskan tangan Moms dari tangan anak Moms. Moms tidak perlu lagi menuntunnya. Jika anak Moms masih kesulitan maka ajarkan kembali perlahan-lahan.

  1. Gunakan Pola Untuk Menggunting

Paling aman mengajarkan anak menggunakan gunting di usia empat tahun. Pemahaman terhadap obyek sudah mulai terbentuk baik. Jika anak Moms mulai semakin mahir menggunakan gunting, kembangkan. Moms mencoba membuat pola pada kertas seperti kotak atau lingkaran. Berikan perintah anak Moms untuk menggunting mengikuti pola tersebut. Apapun hasil guntingan anak Moms tidak masalah. Paling tidak Moms sudah mulai mengembangkan cara menggunakan gunting kepada anak.

Bekali anak Moms mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh digunting. Seorang anak yang baru mahir menggunakan benda yang jarang digunakan akan melakukan eksperimen. Hindari anak Moms menggunting majalah langganan Moms yang begitu saja tergeletak di atas meja. Tetap damping anak selama menggunting dan simpanlah gunting setelah selesai anak Moms gunakan.