3 Aktivitas dengan Air Ini Sangat Menyenangkan Bagi Si Kecil

Merries Insight
16 Oktober 2019
Tumbuh Kembang
Share
3 Aktivitas dengan Air Ini Sangat Menyenangkan Bagi Si Kecil

Artikel ini berisi tentang :

  1. Permainan Fishing fun
  2. Bermain Baby Bath Station
  3. Bermain Laundry Day
  4. Trik Tetap Aman Bermain Air

Bermain air merupakan salah satu hal yang paling menyenangkan bagi anak-anak, meskipun dia hanya sekedar menepuk-nepuk atau memercikan air dengan kakinya. Jika mau digali, sebenarnya ada banyak permainan yang yang bisa Moms lakukan bersama Si Kecil, berikut diantaranya :

Permainan Fishing fun

Fishing fun merupakan permainan air yang bisa Moms lakukan bersama Si Kecil. Aktivitas ini sangat seru karena Si Kecil bisa bermain sepuasnya, sehingga aktivitas mandi yang biasanya sangat berat, akan terasa lebih menyenangkan.

Untuk memainkan permainan ini, Moms terlebih dulu harus menyediakan fishing fun activity set yang dijual di toko-toko mainan anak. Jangan khawatir, mainan ini aman untuk Si Kecil, bahkan bisa dimainkan oleh anak di bawah 3 tahun.

Dalam set permainan ini, umumnya dilengkapi dengan 3 ekor ikan aneka warna dan sebuah alat pancingan solid dengan kail yang tentu saja didesain khusus untuk anak-anak. Cara mainnya? Cukup mengarahkan mata pancing pada ikan-ikan yang mulutnya sedang terbuka dan ketika sudah terkait pada mulut si ikan, pancingan ditarik ke atas.

Selain menyenangkan, bermain fishing fun pun memiliki sejumlah manfaat untuk Si Kecil, diantaranya membantu meningkatkan koordinasi mata dan kemampuan motoriknya, merangsang Si Kecil untuk fokus dan bisa dijadikan sebagai sarana belajar berhitung yang seru.

Bermain Baby Bath Station

Sesuai dengan namanya, baby bath station merupakan permainan yang terfokus pada aktivitas mandi. Alat-alat yang digunakan pun sama seperti kegiatan mandi, seperti boneka plastik atau karet, kotak plastik dengan ukuran yang cukup untuk menampung boneka dan lainnya.

Selain itu, Moms pun perlu menyimpan peralatan mandi seperti handuk, sampo bayi, sabun, sikat gigi, dan pasta gigi di atas sebuah nampan datar. Cara bermainnya sangat sederhana, Moms hanya perlu membiarkan Si Kecil memandikan boneka plastik atau karetnya.

Selain menyenangkan, baby bath station ternyata memiliki banyak dampak positif pada tumbuh kembang Si Kecil, diantaranya mengembangkan kemampuan motorik dan koordinasi tangan Si Kecil, bermain peran, dan meningkatkan kesadaran Si Kecil untuk belajar mandi sendiri.

Permainan ini bisa dilakukan oleh anak di bawah 3 tahun. Tapi ingat, Moms harus mendampingi Si Kecil selama permainan ini.

Bermain Laundry Day

Mencuci bisa jadi aktivitas yang melelahkan bagi Moms. Nah daripada sibuk sendiri, Moms bisa menjadikan aktivitas ini sebagai cara menyenangkan bermain bersama Si Kecil.

Caranya sangat mudah, Moms hanya perlu memisahkan cucian dengan noda ringan dan tidak terlalu berat. Misalnya T-Shirt, atau pakaian Si Kecil. Setelah itu, biarkan Si Kecil mengucek cucian tersebut, sementara Moms bisa mencuci pakaian dengan bobot yang lebih berat.

Tentu saja hasil cucian Si Kecil tidak bisa diharapkan kebersihannya, aktivitas ini murni hanya sebagai permainan saja agar Si Kecil mengenal aktivitas rumahan, sekaligus bersenang-senang sambil bermain air. Dijamin, aktivitas ini akan sangat menyenangkan bagi Si Kecil.

Selain itu, aktivitas ini pun baik untuk melatih koordinasi tangan dan mata Si Kecil, melatih gerak motorik kasar dan halusnya, sekaligus melatih kemandirian.

Trik Tetap Aman Bermain Air

Meskipun permainan di atas sangat menyenangkan, tapi Moms tetap harus memperhatikan keamanan Si Kecil. Jangan sampai aktivitas menyenangkan ini malah berubah jadi petaka. Berikut merupakan trik aman bermain air bersama Si Kecil.

  1. Jika aktivitas Si Kecil menggunakan sabun, seperti baby bath station, pastikan sabun dan sampo yang digunakan khusus anak-anak yang tidak pedih saat terkena mata.
  2. Gunakan bahan-bahan yang lembut dan tidak bersudut. Selain itu, pastikan ukuran barang-barang yang digunakan cukup besar dan tidak mudah tertelan.
  3. Hati-hati permukaan lantai yang licin. Sebelum bermain, Moms harus memastikan area kamar mandi bersih dan kesat.
  4. Awasi Si Kecil, jangan sampai dia mencoba untuk memakan benda-benda yang digunakan. Hati-hati juga Si Kecil tergoda minum air yang digunakan untuk bermain.

Yang paling penting, Moms harus tetap hadir di samping Si Kecil ketika bermain air, terutama saat ia berenang. Selain itu, jangan terlalu lama membiarkan Si Kecil bermain air terlalu lama ya Moms karena justru bisa menyebabkan kesehatan tubuh Si Kecil terganggu. Jika Si Kecil sudah cukup lama bermain air, ajaknlah ia melakukan kegiatan lain yang tidak kalah menyenangkan agar ia mau berhenti bermain air, seperti makan kue kesukaannya atau bermain mainan lain yang tidak berhubungan dengan air.