Seafood Apa Saja yang Baik dan Sehat untuk Ibu Hamil?

Merries Insight
30 Maret 2016
Resep
Share
Seafood Apa Saja yang Baik dan Sehat untuk Ibu Hamil?

Konon bila ibu hamil mengonsumsi seafood atau makanan laut akan melahirkan anak dengan IQ lebih tinggi dibanding yang tidak. Pernyataan ini memang bukan mitos semata. Pasalnya seafood kaya kandungan nutrisi seperti vitamin, protein, dan mineral. Tidak hanya itu saja. Dalam beberapa jenis ikan juga didapati kandungan asam lemak omega 3 DHA dan EPA yang efektif membantu perkembangan mental Si kecil.

Ikan laut pun termasuk salah satu makanan sumber nutrisi penting bagi Moms selama masa kehamilan. Dari hasil riset pun diketahui asupan seafood mampu menekan risiko Si kecil lahir dengan berat badan rendah atau lahir prematur. Namun, selama mengandung pastikan Moms tetap selektif memilih makanan yang dikonsumsi. Apalagi setelah diketahui tidak semua seafood baik untuk ibu hamil. Oleh karena itu, berikut diberikan jenis-jenis seafood yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kerang

Kerang dan termasuk udang yang sudah dicuci bersih kemudian dimasak aman bagi Moms yang sedang hamil. Kerang merupakan sumber protein da asam lemak omega 3 yang akan membantu mengoptimalkan perkembangan otak, sistem indera, dan sistem syaraf janin. Di dalam kerang juga terkandung lemak jenuh dalam kadar rendah. Moms bisa mengolah kerang, kepiting, dan udang dengan cara ditumis. Dengan cara menumis, maka Moms tidak perlu khawatir kehilangan minyak ikan saat dimasak.

Meskipun disebut memiliki kandungan bermanfaat, tetapi Moms juga perlu berhati-hati. Pasalnya beberapa kerang didapati membawa polutan. Oleh karena itu, batasi pengonsumsiannya cukup 2 porsi dalam seminggu.

Ikan Asap

Ikan asap adalah seafood yang kaya nutrisi. Mulai dari vitamin A, B, D, dan protein. Kandungan lemak dalam ikan asap terbilang rendah, sehingga aman dikonsumsi Moms yang sedang hamil. Perlu Moms tahu, ikan asap bukan berarti ikan mentah. Ikan sudah melalui proses pengasapan yang mana akan membunuh parasit yang ada.

Ikan asap baik dikonsumsi selama masa kehamilan karena menjadi sumber mineral kaya speri zat besi, kalsium, yodium, kalium, seng, dan fosfor. Ada pula kandungan asam lemak omega 3 yang dibutuhkan untuk perkembangan otak janin.

Ikan Berminyak

Ikan berminyak seperti salmon, sarden, makarel, dan herring menjadi sumber lemak esensial yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Ikan berminyak juga menjadi sumber vitamin dan mineral penting seperti kalsium. Oleh karena itu, masukkan ikan berminyak ke dalam menu diet sehat ibu hamil Moms. Hanya saja mengingat adanya risiko kandungan polutan di dalam ikan berminyak, sebaiknya tetap batasi porsi pengunsumsiannya cukup 2 porsi dalam seminggu.