Merries For Moms

Tingkatkan Kuantitas dan Kualitas ASI dengan Cara Ini!

0 212
Tingkatkan Kuantitas dan Kualitas ASI dengan Cara Ini!

Jika Moms saat ini sedang dalam masa menyusui maka penting sekali untuk memperhatikan kuantitas dan kualitas ASI untuk Si Kecil. ASI yang memiliki kualitas baik akan mempengaruhi kesehatan dan bahkan kecerdasan bayi. Banyak kasus dimana para ibu memproduksi ASI dalam jumlah sedikit sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan bayinya. Akibatnya, Si Kecil terpaksa diberikan susu formula sebagai pengganti ASI. Hal tersebut sangatlah disayangkan melihat begitu banyaknya manfaat dari ASI itu sendiri.

Apa Manfaat ASI untuk Bayi?

Ada banyak sekali manfaat ASI bagi pertumbuhan bayi. Itulah mengapa dokter sangat menganjurkan memberikan ASI ekslusif bangi Si Kecil. ASI mengandung berbagai macam jenis nutrisi yang dibutuhkan bayi seperti DHA, Omega 6, protein, laktosa, AA, Vitamin A, lemak, zat besi, dan masih banyak lagi. Selain itu manfaat dari ASI adalah untuk membentuk dan memperkuat sistem imun pada bayi. Itulah mengapa hanya dengan minum ASI maka seluruh kebutuhan gizi bayi sudah terpenuhi.

Tips meningkatkan Kuantitas dan Kualitas ASI

Mengkonsumsi Daun Katuk

Cara ini sudah sering digunakan oleh masyarakat sejak zaman dahulu. Daun katuk memiliki kandungan baik yaitu polifenol dan steroid yang dapat meningkatkan produksi ASI. Moms bisa mengolah daun katuk dengan cara dimasak menjadi sayur bening atau lodeh.

Makanan Berprotein Tinggi

Makanan yang mengandung protein dan lemak dapat meningkatkan kualitas dari ASI. Zat protein akan membantu dalam proses pembentukan jaringan-jaringan tubuh Si Kecil. Moms bisa mengkonsumsi telur, keju, kacang-kacangan, ikan laut, atau daging sebagai sumber protein.

Sayuran dan Buah-buahan

Selepasnya dari masa kehamilan, Moms akan lebih membutuhkan banyak kandungan serat dan nutrisi lain yang ada pada sayur dan buah. Hal tersebut bertujuan agar kuantitas dan kualitas ASI menjadi bagus. Moms dapat mengkonsumsi buah dan sayur yang berguna untuk meningkatkan produksi ASI seperti pepaya, aprikot, ubi jalar, dan asparagus.

Istirahat Secara Teratur

Memang sangat sulit bagi ibu menyusui untuk dapat tidur dengan teratur karena sewaktu-waktu Si Kecil dapat menangis dan minta disusui. Namun Moms tetap harus memperhatikan jadwal istirahat dengan sangat baik karena itu sangat berpengaruh terhadap kuantitas dan kualitas ASI.

Memompa ASI

Hal ini ternyata juga memiliki pengaruh besar terhadap kualitas dari ASI. Sebaiknya Moms melakukan kegiatan tersebut secara teratur khususnya pada saat payudara mulai mengeras. Hal tersebut bertujuan agar aliran darah di payudara lancar dan dapat memproduksi ASI dengan baik.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.