Merries For Moms

Picky Eater Ada Hubungannya dengan Gen, Benarkah?

0 11
Picky Eater Ada Hubungannya dengan Gen, Benarkah?

Susah makan sepertinya sudah hal yang wajar dialami oleh anak – anak. Apalagi bagi anak – anak yang berusia balita, pastinya akan lebih susah sekali untuk makan. Si kecil cenderung lebih suka bermain – main saja. Terkadang untuk membuat si kecil makan, Moms memaksanya untuk makan. Kadang Moms juga menyalahkan diri sendiri karena kurang becus dalam mengurus anak. Jangan galau dan resah ya Moms pasti ada solusi untuk mengatasinya.

Susah Makan Ada Hubungannya dengan Gen Bawaan

Bila anak Moms mengalami susah makan, jangan menyalahkannya ya Moms. Ternyata susah makan atau picky eater ada hubungannya dengan gen bawaan si kecil. Hal ini dibuktikan oleh penelitian tentang picky eater ini. Klaim ini ada dasaranya sehingga bisa menjadi panduan Moms untuk menyiasatinya. Penelitian tentang picky eater ini dilakukan terhadap ribuan balita kembar. Penelitian ini dilakukan untuk mengecek tendesi si kecil terhadap makanan meliputi tekstur, bau makanan, dan rasanya. Bila si kecil langsung menolak makanan baru yang disodorkan maka hal ini dinamakan food neophobia. Sedangkan ada beberapa anak kecil justru menolak makanan karena baunya itu sendiri. Penelitian ini dikaitkan dengan gen dari si kecil. Hasilnya cukup berimbang antara partisipan yang mengalami phobia bau makanan dan phobia makanan baru.

Dengan adanya penelitian terhadap hubungan gen anak dan picky eater, hal ini memperjelas bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi si kecil susah makan. Jadi, sebagai ibu bijak, sebaiknya lakukanlah hal – hal positif untuk membantu si kecil makan. Jangan terus – terusan menyalahkan si kecil ataupun diri sendiri karena si kecil susah makan. Bila penyebab si kecil susah makan karena gen, Moms tidak bisa melakukan apapun kecuali membujuk dan menerapkan langkah – langkah tepat untuk membuatnya mau makan. Namun, sebaiknya Moms hindari cara memaksa si kecil untuk mau makan. Hal ini akan membuat si kecil malah semakin takut dan lebih selektif terhadap makanan lagi.

Cara Mengatasi Picky Eater

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi picky eater pada si kecil. Langkah pertama adalah menyajikan makanan dalam porsi yang pas. Bila si kecil makannya sedikit, sebaiknya sajikanlah dalam porsi kecil saja. Moms harus kreatif dalam menyajikan menu makanan. Pilihlah makanan kesukaan si kecil. Jangan lupa untuk menyajikan makanan semenarik mungkin agar si kecil tertarik untuk menyantapnya. Tak ada salahnya untuk meminta si kecil ikut terlibat aktif dalam menyediakan makanan tersebut.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.