Merries For Moms

Kesalahan-Kesalahan dalam Merawat Bayi Ini Wajib Dihindari

0 113
Kesalahan-Kesalahan dalam Merawat Bayi Ini Wajib Dihindari

Sudah kewajiban Moms dan juga Dads untuk merawat Si Kecil agar dapat tumbuh dengan baik. Namun, seringkali banyak orang tua yang tidak sadar bila mereka melakukan kesalahan dalam perawatan Si Kecil. Karena kesalahan yang mungkin tidak terlalu terlihat ini, Si Kecil mendapatkan efek buruk yang tentu saja tidak diinginkan oleh setiap orang tua. Dan, berikut ini, beberapa kesalahan yang sering dilakukan. Semoga dengan mengetahuinya, Moms dapat menghindarinya.

Memandikan Si Kecil dengan Air Dingin

Mungkin Moms berpikir dengan memandikan Si Kecil menggunakan air dingin, akan dapat memperkuat tubuhnya. Metabolismenya dapat meningkat dan memberikan dampak baik bagi kesehatan. Tapi, Moms perlu ketahui, sistem pengaturan tubuh Si Kecil belumlah terbentuk secara sempurna. Khususnya untuk Si Kecil yang masih berusia dibawah 6 bulan, air dingin dapat berbahaya. Ada resiko bila Si Kecil terkena hipotermia. Jadi, mulai sekarang, Moms dapat menggantinya dengan air hangat. Selain lebih nyaman, tubuh Si Kecil akan lebih mudah menyesuaikan suhu tubuhnya.

Pisang + Nasi

Seringkali, bahkan sudah seperti kebudayaan orang Indonesia, memberikan kombinasi makanan ini. Mereka berpikir bila dengan memberikan variasi makanan, setidaknya Si Kecil akan mendapatkan nutrisi yang lebih banyak dan sehat. Namun, Moms perlu tahu, bila sistem pencernaan Si Kecil, khususnya yang berusia dibawah 4 hingga 6 bulan belumlah terbentuk sempurna. Belum ada enzim yang cocok untuk mencerna makanan tersebut. Alhasil, hal ini dapat mengganggu pencernaan. Jadi, lebih baik, Moms memberikan ASI eksklusif atau susu formula khusus untuk usia tersebut. Atau, bila ingin ada variasi, dapat mencampur sereal khusus bayi usia tersebut dengan ASI atau susu formula.

Menggoyang Si Kecil

Apa yang biasanya Moms lakukan bila Si Kecil menangis? Apakah menggendongnya sambil menggoyang-goyang tubuh Si Kecil? Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah. Namun, bila Moms menggoyang-goyangkan tubuh Si Kecil terlalu kuat, maka akan berdampak pada kondisi organ internal mereka. Organ internal Si Kecil belum terbentuk dengan kuat. Dengan menggoyang secara kuat, hal ini dapat mengganggu fungsinya bahkan merusaknya. Jadi, lakukan secara lembut, Moms!

Air Tajin Pengganti ASI

Hal ini sudah menjadi kebiasaan di masyarakat Indonesia. Padahal, air tajin hanya mengandung karbohidrat. Akibatnya, bila Moms mengganti ASI dengan air tajin, Si Kecil dapat mengalami obesitas. Makanan terbaik untuk Si Kecil memang ASI. Dan dengan memberikan ASi, Moms juga dapat memperkuat hubungan batin dengan Si Kecil.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.