Merries For Moms

Ibu, Pakai Tips Ini untuk Atasi Anak yang Sering Terbangun

0 103
Ibu, Pakai Tips Ini untuk Atasi Anak yang Sering Terbangun

Sebagai orang tua, Moms dan mungkin juga Dads, harus selalu siap siaga untuk bangun tengah malam merawat Si Kecil. Seringkali, Si Kecil bangun tengah malam, entah karena lapar, minta ASI atau merasa tidak nyaman karena BAB atau kebelet pipis. Moms dan Dads harus cekatan membantu Si Kecil mengatasi masalah ini. Tetapi, bila Si Kecil sering terbangun, maka bisa dikatakan ada masalah. Mulai dari masalah kesehatan, tempat yang kurang nyaman hingga perkembangan tubuh dan mental Si Kecil. Untuk mengatasi hal ini, Moms dapat menggunakan beberapa cara berikut ini.

Membuat Nyaman Si Kecil Sebelum Tidur

Moms dapat melakukannya dengan mengelap tubuhnya dengan air hangat, mengganti DIAPERS dan memakaikan baju yang hangat dan nyaman. Selain itu, Moms juga dapat melakukan pijatan lembut pada Si Kecil. Hal ini dapat membuat otot Si Kecil menjadi lebih rileks dan dia dapat tidur dengan nyaman. Lakukan dengan minyak khusus yang membuat badan Si Kecil hangat.

Membacakan Cerita Sebelum Tidur

Mungkin saja Si Kecil masih belum mengerti apa yang Moms bicarakan. Namun, dengan mendengarkan suara Moms sebelum tidur saat membacakan cerita, hal tersebut sudah cukup untuk membuat Si Kecil merasa nyaman. Akan lebih baik lagi, bila Moms juga membacakan doa, karena doa terbukti dapat membuat hati Si Kecil menjadi tenang. Hal ini dapat mencegah Si Kecil merasa terganggu saat tidur, dan tidak bangun terlalu sering.

Beraktivitas

Salah satu penyebab mengapa Si Kecil sering terbangun adalah karena masih banyaknya kalori yang ada dalam tubuh Si Kecil. Karena itu, akan lebih baik saat siang hari, Moms mengajak Si Kecil beraktivitas lebih banyak. Hal ini dapat membuat tubuh Si Kecil menjadi lebih segar. Dan, saat tidur, Si Kecil pun dapat tidur dengan lebih nyenyak dan pulas. Alhasil, masalah sering terbangun akan teratasi.

Kamar atau Tempat Tidur

Pastikan kamar tidur Si Kecil bebas dari hal yang dapat mengganggu tidur Si Kecil. Mulai dari suara yang keras atau gangguan di kasurnya, seperti boneka atau mainan. Redupkan juga lampu agar mata Si Kecil dapat menjadi lebih nyaman. Daya tangkap Si Kecil yang sangat kuat membuatnya lebih reaktif terhadap banyak hal disekitarnya. Jadi, dengan membuat kamar atau tempat tidur Si Kecil terbebas dari hal-hal tersebut, Si Kecil akan dapat tidur dengan nyenyak.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.