Merries For Moms

Fakta Penting Seputar Shaken Baby Syndrome yang Harus Moms Ketahui

0 29
Fakta Penting Seputar Shaken Baby Syndrome yang Harus Moms Ketahui

Mengguncangkan Si Kecil memang menyenangkan. Biasanya, Si Kecil akan tertawa karena guncangan tersebut. Tapi, Moms dan Dads harus hati-hati karena terlalu sering mengguncangkan Si Kecil bisa berakibat fatal. Bahkan, jika sudah terlalu sering dan suka menggoncangkan bayi Moms bisa didiagnosa menderita Shaken Baby Syndrome. Sebagai informasi, Shaken Baby Syndrome akan menyebabkan risiko gangguan saraf. Bahkan lebih parah lagi, sindrom ini menyebabkan kematian. Menggoncangkan memang tidak disarankan khususnya jika Si Kecil masih berumur di bawah 1 tahun. Jika digoncangkan terus menerus apalagi dengan kencang, Si Kecil akan mengalami risiko kerusakan saraf pada otak.

Selain cedera pada otak, Si Kecil juga akan mengalami risiko cedera pada bagian kepala. Guncangan pada Si Kecil memang sangat berbahaya, Moms! Pasalnya, Si Kecil bisa mengalami pendarahan di otak dan bagian retina. Bayangkan saja jika hal itu sampai terjadi pada Si Kecil. Ada beberapa tanda umum atau dampak setelah Si Kecil diguncangkan dengan keras. Biasanya, setelah diguncang Si Kecil akan rewel dan sulit makan. Selain itu, Si Kecil juga akan lebih suka tidur dan muntah. Pada tahap yang berbahaya, Si Kecil bisa kejang, hilang kesadaran, atau bahkan hilang napas. Jika bertahan hingga dewasa, biasanya Si Kecil yang digoncangkan tersebut akan mengalami gangguan belajar serta gangguan perilaku. Karena itu, Moms dan Dads harus ekstra waspada agar Si Kecil tidak terkena dampak dari Shaken Baby Syndrome.

Perlu diketahui bahwa Sindrom ini justru dilakukan oleh orang terdekat termasuk Dads. Jika Dads merasa selalu ingin menggoncangkan Si Kecil karena lucu, maka ada baiknya untuk menahan diri. Berikan saja Si Kecil pada orang lain yang bisa menggendong dengan aman dan nyaman tanpa melakukan guncangan. Ingatlah bahwa walaupun menggocang membuat Si Kecil ketawa atau nyaman, tapi dampaknya sangat berbahaya. Ingat dampak berbahaya tersebut saat Moms dan Dads ingin sekali mengoncangkan Si Kecil. Masih banyak cara untuk menghibur Si Kecil selain mengoncangnya dengan keras. Sebagai informasi, dampak goncangan secara sengaja ini justru lebih besar ketimbang dampak goncangan yang tidak disengaja. Intinya, jika ingin Si Kecil tumbuh dengan sehat, Moms harus tahu bagaimana cara menggendong ataupun memperlakukannya. Gendong Si Kecil dengan nyaman dan tidak perlu diguncangkan walaupun sedang rewel atau menangis. Ketahui mengapa Si Kecil rewel kemudian buat agar tenang. Semoga informasi mengenai Shaken Baby Syndrome ini membantu Moms.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.