Merries For Moms

Chocolate Granola Bar, Snack Lezat untuk Si Kecil

0 9
Chocolate Granola Bar, Snack Lezat untuk Si Kecil

Belakangan ini, gaya hidup sehat mempengaruhi pola makan sebagian besar orang yang tinggal di kawasan urban. Bukan sekadar gaya, kesadaran akan makanan sehat pun mendorong mereka untuk menjaga tubuh. Selain makanan utama, camilan atau kudapan yang biasanya disantap Si Kecil pun tidak boleh luput dari perhatian, lho, Moms. Tak jarang mereka membeli jajanan yang tidak sehat dan terbuat dari bahan-bahan yang membahayakan tubuh.

Untuk menjaga kesehatannya, Moms dapat membuat kudapan enak dan menyehatkan di rumah. Salah satu camilan yang sedang digemari adalah granola. Granola merupakan makanan ringan yang terbikin ddari kacang-kacangan, oat, buah-buahan kering yang kerap dicampur minyak, madu, atau pemanis alami lainnya. Kandungan gizi dan nutrisi dalam granola pun bisa berbeda karena bahan-bahannya yang tak selalu sama.

Hal ini justru menguntungkan, karena itu berarti Moms dapat membuat granola sesuai bahan-bahan yang disukai Si Kecil. Namun tentunya harus sehat juga supaya pertumbuhan Si Kecil tidak terhambat. Moms dapat memiluh bahan-bahan yang kaya akan serat agar Si Kecil tidak terserang sembelit dan tubuhnya bisa mengendalikan kadar gula darah dengan baik.

Berikut ini ada resep chocolate granola bar yang dapat Moms buat untuk Si Kecil di rumah.

Bahan-bahan untuk Chocolate Granola Bar

  • Old-fashioned oat, dua gelas (pastikan Moms menggunakan oat butiran, bukan yang instan);
  • Cokelat batangan, seperempat gelas (lelehkan);
  • Gula pasir, seperdelapan gelas (takaran bisa diubah sesuai kebutuhan);
  • Tepung terigu serbaguna, setengah gelas;
  • Susu cair, setenga gelas;
  • Telur, satu butir (dikocok lepas).

Langkah-langkah Membuat Chocolate Granola Bar

  1. Siapkan oven dan panaskan dalam temperatur 190oC;
  2. Kemudian, campurkan bahan-bahan kering seperti tepung terigu, oat, dan gula ke dalam wadah bersama bahan-bahan basah seperti telur, susu, dan cokelat yang sudah dilelehkan;
  3. Selanjutnya, aduk bahan-bahan basah dan kering sampai rata;
  4. Siapkan loyang yang sebelumnya sudah diolesi margarin/mentega. Setelah itu, tuangkan adonan tadi ke dalam loyang dan panggang selama kurang lebih 30 menit;
  5. Begitu matang, keluarkan dari oven dan tiriskan. Jika sudah dingin, Moms dapat potong granola tadi sesuai keinginan atau selera Si Kecil.

Chocolate granola bar tadi dapat dijadikan kudapan dan bisa dinikmati bersama susu. Karena kaya akan kandungan serat, tak jarang granola dikonsumsi sebagai sarapan kalau tidak sempat makan berat.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.