Merries For Moms

Cara Mudah Mencegah Biang Keringat pada Bayi

0 89
Cara Mudah Mencegah Biang Keringat pada Bayi

Apakah Moms sering merasa bingung karena Si Kecil menangis? Bisa jadi, hal ini disebabkan Si Kecil merasa tidak nyaman karena terkena biang keringat. Biang keringat sendiri dapat muncul karena tersumbatnya pori-pori dimana seharusnya menjadi jalan keringat untuk keluar. Ditambah lagi, saluran keringat Si Kecil yang belum berkembang dengan baik juga bisa menjadi faktor penyebab gangguan ini. Sebenarnya, bila Si Kecil terkena biang keringat, maka Moms tidak perlu melakukan apa-apa. Biang keringat ini dapat sembuh dengan sendirinya. Tetapi, tidak ada salahnya, bila Moms melakukan tindakan pencegahan agar si biang keringat tidak datang lagi menyerang Si Kecil.

Udara Panas dan Lembab

Pastikan Si Kecil berada dalam ruangan yang sejuk. Suhu yang panas dan udara yang lembab dapat menjadi penyebab munculnya keringat berlebih pada Si Kecil. Dan, hal ini dapat meningkatkan resiko terjadinya biang keringat. Moms dapat menggunakan AC atau kipas angin untuk mempertahankan suhu ruangan tetap sejuk dan teduh. Selain itu, pastikan Si Kecil tidak kekurangan air. Hal ini penting agar Si Kecil tidak dehidrasi setelah banyak berkeringat.

Baju Si Kecil

Pilih baju yang terbuat dari serat alami. Serat sintetis seperti poliester dan nilon dapat menangkap lebih banyak panas. Alhasil, keringat Si Kecil akan bertambah banyak dan meningkatkan resiko biang keringat. Ditambah lagi, pilih baju yang tidak terlalu ketat untuk Si Kecil. Hal ini penting dilakukan agar sirkulasi udara dapat terjaga dan membuat Si Kecil merasa lebih nyaman.

Menggendong

Saat cuaca panas, pastikan Moms tidak sering menggendong Si Kecil. Hal ini akan membuat suhu di sekitar tubuh Si Kecil akan meningkat. Si Kecil mendapatkan pengaruh dari suhu panas cuaca dan juga suhu tubuh Moms. Disarankan Moms membiarkan Si Kecil ada di tempat tidur atau kalau sudah bisa berjalan atau merangkak, biarkan Si Kecil bebas bergerak. Hal ini akan membuat Si Kecil merasa lebih nyaman dan tidak kepanasan.

Kain Basah

Moms juga dapat menggunakan kain basah agar kulit Si Kecil tetap dingin. Atau, Moms juga dapat memandikan Si Kecil. Namun, perlu hati-hati agar tidak memandikan Si Kecil dengan air dingin. Hal ini bisa berbahaya. Gunakan air hangat. Lalu keringkan secukupnya dengan handuk, tapi jangan sampai terlalu kering. Biarkan kulit Si Kecil tetap lembab, untuk membuatnya lebih nyaman ditengah cuaca yang panas.

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.