Merries For Moms

Bolehkah Si Kecil Mandi Saat Malam Hari?

0 16
Bolehkah Si Kecil Mandi Saat Malam Hari?

Menentukan waktu mandi untuk si Kecil tak jarang membuat Moms kewalahan. Malah ada beberapa ibu yang mengambil waktu di malam hari karena anaknya berkeringat sebelum berangkat tidur. Daripada si Kecil tidak nyaman, maka langkah mandi malam pun diambil. Namun, apakah mandi di malam hari alih-alih pagi atau sore tergolong aman? Berikut ini ada beberapa hal yang dapat membantu Moms dalam mempertimbangkan waktu mandi bagi si Kecil.

Menggunakan Air Hangat

Jika si Kecil merasa gerah sampai berkeringat menjelang tidur, Moms diperbolehkan untuk memandikan dia dengan syarat memakai air hangat. Terutama kalau si Kecil memang kurang terbiasa mandi dengan air dingin. Air dingin dikhawatirkan dapat membuat otot pada pembuluh darah menyempit. Meski belum ada penelitian yang membuktikannya, Moms dianjurkan untuk tetap hati-hati.

Menerapkan Rutinitas

Faktanya, si Kecil aman dimandikan kapan saja selama temperatur air dan ruang yang digunakan untuk kegiatan tersebut membuatnya nyaman. Satu hal penting yang harus Moms perhatikan adalah waktu untuk memandikan si Kecil. Menerapkan rutinitas bukan hanya membuatnya disiplin, tapi juga dapat membiasakan tubuhnya dengan aktivitas tersebut di waktu tertentu.

Memperhatikan Durasi Mandi

Karena kulit si Kecil masih tipis, maka usahakan agar Moms tidak memandikannya terlalu lama. Mandi mungkin sanggup menekan risiko infeksi, tetapi durasi mandi yang terlampau lama akan membuat kulit si Kecil kering. Justru dari sanalah infeksi muncul. Efek samping lain dari durasi mandi yang terlalu lama adalah perut kembung dan kedinginan. Maka, pastikan durasinya tepat, ya, Moms.

Memastikan Kesehatannya

Jangan nekat mengajak si Kecil mandi di malam hari kalau Moms tahu kondisi tubuhnya kurang sehat. Jika terasa demam, Moms cukup bersihkan dengan waslap dan air hangat. Namun akan lebih baik kalau Moms mengajak si Kecil ke dokter sekaligus berkonsultasi tentang kegiatan mandi malam. Jadi Moms pun akan mendapatkan informasi yang lebih akurat.

Membantu Si Kecil untuk Tidur

Empat kunci utama yang bisa membantu si Kecil tidur lelap adalah perut kenyang, kegiatan cukup, tubuh nyaman, serta hati tenang. Dalam hal ini, Moms dapat memanfaatkan mandi malam untuk membuatnya lebih bersih dan wangi. Air hangat yang digunakan untuk mandi pun membantu si Kecil merasa relaks dan tidur lebih cepat.

Semoga informasi di atas membantu Moms memandikan si Kecil!

artikel terkait

komentar

Klik disini untuk memberikan komentar.