Waspadai Gangguan Mata Ptosis Pada Si Kecil ya Moms!

November 24, 2016
Waspadai Gangguan Mata Ptosis Pada Si Kecil ya Moms!

Apakah Moms seringkali memperhatikan kondisi Si Kecil? Si Kecil terkadang terlihat lelah dan lesu walaupun sudah makan kenyang dan tidur cukup. Kesan ini bisa dilihat dari sorotan mata Si Kecil yang terlihat sayu dan layu. Mata sayu ini sebenarnya bukanlah pertanda utama Si Kecil lelah. Tetapi, bisa jadi ini adalah mata ptosis pada Si Kecil.

Apa Itu Mata Ptosis?

Bagi Moms yang belum tau apa itu mata ptosis, tak ada salahnya untuk mencari informasi tentang penyakit ini. Apa itu mata ptosis? Ini adalah kondisi kelopak mata yang terlihat turun ataupun tak terbuka secara sempurna layaknya mata normal yang terjadi pada anak-anak. Ptosis ini membuat kelopak mata Si Kecil menjadi turun sehingga terkesan lelah dan mengantuk. Tetapi, terkadang kondisi ini juga bisa terjadi hanya pada satu kelopak mata saja. Kondisi ini pastinya membuat Si Kecil kesulitan melihat karena matanya tertutupi oleh kelopak mata yang turun sehingga harus mendongak. Pastinya ini mengganggu aktivitas Si Kecil sehari-hari.

Penyebab Mata Ptosis

Mata ptosis tak bisa terjadi begitu saja. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan terjadinya mata ptosis. Biasanya mata ptosis terjadi sejak lahir pada Si Kecil. Hal ini dikarenakan faktor keturunan. Mungkin Moms memiliki saudara atau kerabat yang mengalami mata ptosis. Hal ini bisa menurun walaupun bukan kerabat sangat dekat. Faktor lainnya adalah dikarenakan otot kelopak mata tak berkembang secara baik dan sempurna. Proses perkembangan otot mata yang kurang bagus juga menjadi penyebab terjadinya mata ptosis.

Cara Mengobati Mata Ptosis

Mata ptosis sebenarnya bukanlah suatu penyakit. Kondisi ini adalah gangguan mata yang mengganggu kemampuan Si Kecil untuk melihat. Tetapi bila dibiarkan kondisi ini meningkatkan resiko pertumbuhan leher dan kepala yang tak normal pada Si Kecil. Hal ini juga mempengaruhi pergerakan mata hingga kurang responsive saat menangkap objek. Jangan terlalu khawatir berlebihan agar Moms bisa berpikir dengan jernih. Pastikan bahwa Si Kecil memperoleh perawatan optimal di rumah sakit atau di bawah perawatan dokter spesialis mata. Jadi, bila Si Kecil terlihat mengalami mata ptosis, tak ada salahnya untuk segera pergi ke dokter untuk memperoleh perawatan medis. Jangan sampai Si Kecil mendapatkan perawatan yang terlambat sehingga mempengaruhi pergerakan mata Si Kecil. Itulah hal–hal mengenai mata ptosis yang harus Moms perhatikan.

Leave a Reply

 

Like Our page