Merries For Moms

Waspada Beli Mainan Berharga Murah untuk Anak Ya Ibu!

0 3
Waspada Beli Mainan Berharga Murah untuk Anak Ya Ibu!

Tergiur dengan banyaknya mainan berharga murah yang di jual di toko atau pasar? Tak hanya Si Kecil yang gemas ketika melihat banyak mainan, para orang tuapun biasanya juga gemas dan ingin membeli banyak mainan untuk anak mereka. Terlebih lagi jika harga mainan tersebut sangatlah murah. Moms dan Dads pasti akan sangat menyayangkan sekali jika sampai tidak membelinya bukan? Akan tetapi, tidak semua mainan murah itu aman loh Moms! Ada baiknya jika Moms dan Dads di rumah jangan asal membelikan Si Kecil mainan karena tergiur akan harganya yang sangat murah.

Apa Bahayanya Mainan Murah?

Mungkin jika dilihat mainan-mainan yang kebanyakan terbuat dari bahan plastik tidaklah berbahaya dan aman untuk Si Kecil. Ternyata hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar Moms. Pada mainan yang murah, produsen biasanya juga memakai bahan-bahan yang kualitasnya rendah dan bahkan sangat berbahaya.

Ada banyak produsen mainan anak yang menambahkan berbagai zat kimia berbahaya sebagai bahan untuk membuat mainan anak seperti arsenik, timbal, timah, kadmium, dan merkuri. Zat-zat tersebut memiliki dampak yang sangat berbahaya sekali bagi kesehatan tubuh manusia. Jika mainan yang mengandung berbagai macam zat berbahaya tersebut dipegang Si Kecil, maka akan memberikan dampak buruk bagi kesehatannya. Apalagi jika Si Kecil masih senang menggigit-gigit dan memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya.

Bagaimana Ciri-ciri Mainan Anak yang Tidak Berbahaya?

Sebagian besar mainan anak-anak memang terbuat dari plastik, namun apakah semua mainan anak berbahaya? Lalu mainan yang seperti apa yang tidak mengandung zat-zat berbahaya?

Tak Mudah Terbakar

Salah satu ciri mainan yang aman yaitu tidak mudah terbakar karena mainan murah dan mengandung zat berbahaya tentu saja akan langsung bereaksi jika terkena panas api.

Tidak Berbau Tajam

Jika Moms dan Dads pernah membeli mainan yang memiliki bau cat sangat tajam dan menusuk hidung, sebaiknya segera buang saja. Bau yang tajam adalah ciri-ciri jika mainan tersebut mengandung zat kimia yang berbahaya. Jika bau tersebut sampai dihirup oleh Si Kecil maka kemungkinan akan menimbulkan gejala pusing, mual, atau sesak napas.

Memiliki Label serta Instruksi yang Jelas

Mainan anak yang berkualitas bagus dan aman tentu saja memiliki label merk dengan instruksi yang sangat jelas. Moms bisa membedakan antara mainan murah dan yang mahal dimana mainan dengan kualitas bagus pasti memiliki informasi tertulis mengenai bahan serta material pembuatan dan bagaimana cara menggunakannya.

Bagaimana Moms dan Dads, masih tergiur membelikan Si Kecil berbagai macam mainan yang harganya murah? Meskipun bagus dan memiliki beraneka bentuk yang lucu, namun mulai sekarang para orang tua harus lebih waspada dan berhenti membeli mainan murah.

artikel terkait

komentar