Tips Memaksimalkan Penyerapan Zat Besi agar Si Kecil Sehat

November 22, 2016
Tips Memaksimalkan Penyerapan Zat Besi agar Si Kecil Sehat

Mengamati tumbuh kembang Si Kecil kadang terasa cepat ya, Moms. Memang ada banyak hal yang harus Moms perhatikan supaya Si Kecil tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Mengatur asupan gizi dan nutrisinya adalah salah satu yang tidak boleh lepas dari agenda. Dari sekian hal yang harus Moms amati, zat besi menjadi asupan yang perlu diperhatikan. Mengapa demikian? Zat besi mempunyai peran penting dalam melindungi Si Kecil dari serangan anemia atau kekurangan darah.

Untuk mengantisipasinya, Moms dapat menerapkan cara-cara di bawah ini:

Berikan Sumber Zat Besi yang Tinggi

Pastikan Moms menyiapkan makanan pendamping atau MPASI dengan sumber zat besi yang tinggi. Beberapa makanan yang menunjang antara lain hati ayam, daging merah, kacang merah, tahu, serta bayam. Moms juga bisa menggantinya dengan makanan lain seperti sereal khusus bayi yang mudah dicerna Si Kecil. Supaya sistem pencernaanya tidak terganggu, Moms harus memilah dengan baik jenis makanan atau serealnya, ya.

Batasi Konsumsi Sumber Penghambat Zat Besi

Nah, alasan mengapa Moms harus hati-hati dalam memilih makanan adalah karena ada sebagian yang ternyata dapat menghambat zat besi masuk ke dalam tubuh Si Kecil. Beberapa di antaranya adalah jus apel dan cokelat. Maka dari itu, Moms harus mengurangi atau menghindari makanan-makanan tersebut dari menu makanan Si Kecil. Selain itu, jangan sampai Si Kecil menerima asupan minuman seperti teh yang hanya akan semakin menghalangi masuknya zat besi.

Barengi dengan Sumber Vitamin C yang Tinggi

Dilansir dari scienceofmom.com makanan pendamping atau MPASI yang kaya akan zat besi mampu diserap secara maksimal kalau Si Kecil mengonsumsinya bersama dengan makanan yang merupakan sumber vitamin C. Misalnya, Moms mengolah hati ayam (sumber zat besi) dengan menggunakan tomat (sumber vitamin C). Bukan hanya mengoptimalkan penyerapan zat besi, kebutuhannya akan gizi dan nutrisi pun terpenuhi.

Beri Jeda Saat Akan Makan Produk Olahan Susu

Si Kecil boleh mengonsumsi produk olahan susu seperti keju karena kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi. Meski demikian, Moms jangan menyajikannya bersama sumber zat besi karena akan kalisum akan mengganggu proses penyerapan zat besi dalam tubuh Si Kecil. Jika Moms ingin memberikan produk olahan susu untuknya, maka beri jeda sekitar dua atau tiga jam setelah Si Kecil menyantap makanan sumber zat besi.

Leave a Reply

 

Like Our page