Tips Agar Si Kecil Belajar Bersosialisasi

November 27, 2016
Tips Agar Si Kecil Belajar Bersosialisasi

Si Kecil terkadang kesulitan dalam bersosialisasi dan hal ini berdampak untuk masa depannya. Sosialisasi harus dilatih sedini mungkin agar Si Kecil bisa beradaptasi dengan baik sejak kecil. Ketrampilan sosialisasi sebenarnya bisa dilakukan melalui Moms dan Dads. Orangtua yang pandai bergaul biasanya tahu bagaimana mengajari Si Kecil bersosialisasi.

Mencoba Menjadi Orang Tua yang Lebih Hangat dan Penuh Cinta

Langkah pertama adalah mencoba untuk menjadi orangtua yang lebih hangat dan cinta. Hal ini akan mempengaruhi cara Si Kecil berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungannya. Ciptakanlah hubungan hangat antara Moms dan Si Kecil dengan diperkuat melalui kegiatan-kegiatan bersama seperti bermain, belajar, dan jalan-jalan. Orangtua yang penuh cinta dan hangat akan mampu membuat Si Kecil lebih terampil dalam mengajari Si Kecil. Si Kecil menjadi lebih mudah tersenyum dan tertawa lepas.

Memberikan Arahan yang Sederhana dan Efektif

Untuk mengajari Si Kecil berinteraksi dan bersosialisasi, Moms bisa memberikan arahan sederhana dan efektif pada Si Kecil. Petunjuk sederhana ini bisa tentang cara bagaimana menyapa orang, berinteraksi dalam suatu acara, dan merespon sapaan atau sesuatu dari orang lain. Si Kecil tak akan pernah bisa melakukan arahan itu bila Moms tak memberikan contohnya terlebih dulu.  Moms bisa memberikan contoh dan paparan mengenai tata karma dan perilaku sopan dalam bersosialisasi. Keterampilan bersosialisasi seperti memecahkan suatu masalah, negosiasi, dan berdiskusi bisa dilakukan untuk membuat Si Kecil mudah bergaul.

Membiasakan Si Kecil Bergaul

Langkah selanjutnya adalah mencoba membuat Si Kecil terbiasa untuk bergaul. Berilah kesempatan Si Kecil untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain ataupun anak seusianya. Hal ini mencegah Si Kecil takut pada orang. Bila Si Kecil masih balita, ada baiknya Moms mengajaknya main di rumah tetangga atau sahabat yang memiliki anak seusiannya. Moms juga bisa mengajak Si Kecil bermain di taman kota atau taman bermain.

Mengajak Sahabat Si Kecil untuk Datang ke Rumah

Tak ada salahnya Moms mencoba mengoptimalkan sosialisasi dan interaksi antara Si Kecil dengan teman-temannya. Bagaimana caranya? Sangat mudah sekali. Moms tinggal mengundang teman-teman Si Kecil untuk datang ke rumah. Kemudian, sediakan berbagai kegiatan dan permainan di dalam rumah untuk dilakukan mereka. Tetapi ingat Moms jangan memforsir tenaga dan konsentrasi Si Kecil dengan bermain terlalu lama. Cukup berikanlah waktu selama 1 jam nonstop untuk bermain di rumah bersama teman-temannya. Setelah itu, Si Kecil harus istirahat.

Leave a Reply

 

Like Our page