Si Kecil Tersedak? Lakukan Pertolongan Pertama Ini Moms!

November 26, 2016
Si Kecil Tersedak? Lakukan Pertolongan Pertama Ini Moms!

Tersedak sebenarnya seringkali terjadi pada anak kecil dan ini seringkali dianggap kejadian biasa yang terjadi pada anak-anak. Tersedak biasanya terjadi dikarenakan Si Kecil kurang sabar dalam mengunyah makanan sehingga Si Kecil langsung menelan makanan tersebut. Sepertinya terlihat sepele ya, tetapi bila tak segera diatasi akan membahayakan saluran pernafasan Si Kecil yang bisa berujung kematian.

Tanda Si Kecil Tersedak

Ada beberapa tanda yang mungkin muncul bila Si Kecil tersedak seperti di bawah ini:

  • Mengalami kesulitan menjerit ataupun menangis
  • Wajahnya memerah karena harus mengatur irama nafas
  • Kulit menjadi pucat dan bibir hidung kebiruan
  • Si Kecil akan memegangi tenggorakan atau leher
  • Mulut menganga dan tak mengeluarkan kata
  • Mata melotot

Apa Penyebab Tersedak?

Tersedak adalah kejadian yang lazim menimpa Si Kecil. Ada beberapa penyebab yang membuat Si Kecil tersedak. Biasanya Si Kecil makan dengan terburu-buru, makan sambil tertawa, menelan makanan sambil ingin berbicara secara bersamaan, ataupun kaget. Kejadian ini membuat saluran pernafasan terbuka saat makan sehingga makanan yang ditelan malah masuk ke saluran pernafasan. Pastinya hal ini menyebabkan tersedak pada Si Kecil.

Pertolongan Pertama bagi Si Kecil yang Tersedak

Bila Si Kecil tersedak, hendaknya Moms segera melakukan pertolongan pertama pada Si Kecil. Cara ini berguna untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Pertolongan menggunakan manuver Heimlich adalah cara yang paling tepat. Cara ini paling mudah dan umum untuk digunakan setiap orang untuk menolong Si Kecil yang tersedak.

Prinsip Manuver Heimlich

Prinsip pertolongan Heimlich adalah dengan penekanan pada area perut agar menghasilkan tekanan udara dari dalam paru-paru menuju saluran pernafasan. Adanya tekanan ini akan membuat Si Kecil dengan mudah memuntahkan makanan yang membuat Si Kecil tersedak.

Manuver Heimlich pada Si Kecil Usia Kurang dari 1 Tahun

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menolong Si Kecil yang tersedak. Letakkanlah Si Kecil secara telungkup di paha atau lengan dengan posisi kepalanya lebih rendah. Kemudian, berikanlah 5 kali pukulan dengan memakai tumit telapak tangan Moms pada punggung Si Kecil. Bila Si Kecil masih saja tersedak, segera lentangkan tubuhnya dan berilah 5 kali pijatan dada dengan memakai 2 jari saja, dan jika Si Kecil masih saja tersedak, segera periksalah isi mulut apakah masih ada makanan yang berada di dalam mulut.

Manuver Heimlich pada Si Kecil Lebih Dari 1 Tahun

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Si Kecil yang tersedak adalah meletakkan Si Kecil tengkurap dengan posisi kepala lebih rendah daripada badan. Lalu, pukul lima kali punggung Si Kecil dengan memakai tumit telapak tangan. Bila Si Kecil masih tersedak, segera berdiri di belakang Si Kecil dan lingkarkan kedua tangan Moms ke badan Si Kecil. Peganglah perut Si Kecil dengan posisi tangan mengepal dan hentakkan perut dari arah belakang. Lakukanlah cara ini sebanyak lima kali hingga Si Kecil sudah terbebas dari tersedak.

Leave a Reply

 

Like Our page