Si Kecil Takut Disuntik? Ini Trik yang Bisa Dicoba Moms

October 5, 2016
Si Kecil Takut Disuntik? Ini Trik yang Bisa Dicoba Moms

Pernahkah Moms mengajak si kecil pergi ke dokter untuk disuntik? Pasti pengalaman pertama disuntik akan membuat si kecil ketakutan dan bahkan trauma dengan jarum suntik. Dan, bila Moms memeriksakan ke dokter, pasti si kecil akan menolaknya karena takut untuk disuntik. Moms memang tak bisa membuat si kecil sepenuhnya tak takut akan jarum suntik. Namun, Moms bisa mencoba untuk mengurangi rasa takut itu. Dan inilah beberapa cara yang bisa dilakukan.

Memberikan Penjelasan Tentang Suntikan

Sebelum membawa si kecil untuk vaksinasi, Moms harus menjelaskan pentingnya suntikan vaksinasi itu. Moms harus memastikan bahwa suntikan dilakukan untuk memberikan pengobatan dan bukan untuk menyakiti si kecil. Moms juga bisa mengatakan bahwa rasa sakit akibat suntikan hanya berlangsung beberapa detik saja dan setelah itu si kecil akan menjadi lebih sehat dan kuat.

Mengajak Si Kecil Saat Ke Dokter

Suatu saat si kecil pasti akan mengalami yang namanya disuntik. Jadi tak ada salahnya untuk mengajak si kecil pergi ke dokter dan melihatnya Moms disuntik. Jangan tunjukkan bahwa disuntik itu sakit agar si kecil tak merasa takut. Berikanlah senyuman saat dokter menyuntik. Dengan cara ini, akan membuat si kecil lebih tegar dan kuat saat disuntik karena mereka mengira disuntik tak menyakitkan.

Mengalihkan Perhatian Si Kecil

Saat Moms mengajak si kecil ke dokter untuk vaksinasi ataupun mendapatkan suntikan, sebaiknya Moms mengalihkan fokus dan perhatian si kecil agar tidak mengetahui bahwa jarum suntik siap untuk disuntikkan di tubuh si kecil. Bentuk pengalihan perhatian bisa bermacam – macam. Misalnya, Moms mengajak si kecil berbicara, mencari benda yang bisa digunakan untuk menarik perhatiannya, atau menceritakan cerita lucu pada si kecil. Tak ada salahnya untuk meminta si kecil batuk  sebelum disuntik. Cara ini dianggap cukup baik untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit setelah disuntik. Batuk sebelum disuntik akan merangsang tekanan darah di dalam tubuh yang mengurangi rasa nyeri.

Memuji Si Kecil

Siapapun akan menangis dan takut bila disuntik. Nah, untuk menyiasatinya, Moms bisa mencoba untuk membesarkan hati dan memberikan pujian pada si kecil. Katakanlah bahwa si kecil adalah anak kuat, pemberani, tegar, dan hebat bila mau disuntik. Moms juga bisa memberikan hadiah bila si kecil tak takut disuntik misalnya berwisata, memberikan barang, dan memberikan makanan.  Itulah tadi beberapa trik yang bisa Moms lakukan agar si kecil tak takut disuntik.

Leave a Reply

 

Like Our page