Si Kecil Cuma Mau Makan Makanan Gurih? Lebih Waspada Ya Moms!

September 28, 2016
Si Kecil Cuma Mau Makan Makanan Gurih? Lebih Waspada Ya Moms!

Setiap anak yang sudah mendapatkan MPASI atau berusia lebih dari 1 tahun, tentu sudah mulai diperkenalkan dengan berbagai macam makanan oleh orangtuanya. Namun tidak sedikit orangtua yang mengeluh bahwa anaknya hanya mau mengkonsumsi makanan bercitarasa gurih saja. Apakah Moms juga mengalami hal serupa? Jika demikian, Moms mungkin merasa khawatir dan was was melihat perkembangan berat badan anak karena kebutuhan gizi dan nutrisinya tidak dapat terpenuhi secara optimal.

Setiap anak memang mempunyai selera makan masing – masing, terutama jika anak sudah menginjak usia di atas 1 tahun. Orangtua perlu kreatif dalam membuat makanan yang disukai oleh anak dan tidak membosankan. Alangkah baiknya jika Moms memeriksakan anak ke dokter dulu untuk menilai tumbuh kembangnya apakah sesuai dengan indikator yang seharusnya atau tidak. Selain itu Moms juga dapat berkonsultasi mengenai pemberian pola makan yang dilakukan selama ini.

Memang, pemberian makanan untuk balita harus tepat supaya tumbuh kembangnya dapat optimal, termasuk kebutuhan gizi dan nutrisinya. Sayuran dan buah adalah salah satu contoh makanan yang sehat untuk si kecil. Tetapi, bagaimana jika anak hanya mau makan makanan yang asin atau gurih. Sebenarnya hal ini mungkin disebabkan karena orangtua memperkenalkan makanan gurih pada anak terlalu dini sehingga ia hanya mau menyantap makanan itu saja.

Menurut penelitian, anak yang banyak mengkonsumsi makanan gurih cenderung menyukai minuman yang manis. Menurut asisten professor nutrisi klinis, Lona Sandon, anak-anak menyukai makanan asin tidak mengejutkan jika juga termasuk penggemar soda maupun minuman manis lainnya. Untuk kebutuhan tubuh, garam tidak hanya natrium dan juga klorida.

Garam dapat mengandung mineral lainnya seperti kalsium, kalium, besi, magnesium, tembaga, dan masih banyak lagi. Ketika tubuh kekurangan natrium, tubuh akan terus menerus meminta makanan gurih. Ketika anak lebih memilih mengkonsumsi makanan gurih, sebenarnya ini menjadi tanda bahwa ia memerlukan mineral lebih banyak.

Moms perlu memastikan buah hati Moms mendapatkan asupan makanan yang kaya mineral misalnya makanan buatan sendiri. Makanan gurih yang bergizi dan mengandung mineral serta dapat Moms olah di rumah adalah sayuran, kaldu tulang, kacang-kacangan, rumput laut, dan masih banyak lagi. Moms dapat membuat sup, pudding sayuran, nugget sayur, dan bakso yang dicampur dengan sayuran.

Jika Moms ingin mengurangi makanan gurih untuk si kecil, Moms perlu menawarkan alternatif makanan yang menarik untuknya. Misalnya saja Moms membuat makanan yang dibentuk bento lucu. Atau Moms dapat memberikan salad buah-buahan untuknya.

 

Leave a Reply

 

Like Our page