Si Kecil Batuk? Agar Tidak Bertambah Parah Jangan Beri Makanan dan Minuman Ini Dulu ya Moms!

October 29, 2016
Si Kecil Batuk? Agar Tidak Bertambah Parah Jangan Beri Makanan dan Minuman Ini Dulu ya Moms!

Menyedihkan memang jika melihat Si Kecil sakit batuk. Si Kecil menjadi tidak bisa beraktivitas seperti biasanya. Keceriaannya pun berkurang karena batuk tersebut. Selain memberikan obat batuk khusus untuk Si Kecil, ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari oleh Si Kecil. Jika dikonsumsi, makanan dan minuman tersebut justru akan memperparah sakit batuk Si Kecil, Moms! Lalu, apa saja jenis makanan dan minuman tersebut?

Makanan dengan Potongan yang Terlalu Besar

Ada baiknya mengecilkan ukuran makanan saat Si Kecil mengalami batuk. Walaupun tampak sepele tapi hal ini sangat penting. Saat Si Kecil batuk, risiko tersedak saat makan sangat besar. Karena itu, ada baiknya mengecilkan potongan makanan Si Kecil agar risiko tersedak bisa dihindari. Misalnya, kecilkan potongan wortel, melon, kentang, anggur, dan lain sebagainya.

Makanan dengan Tekstur yang Keras

Sama halnya dengan makanan dengan potongan yang besar, ada baiknya tidak memberikan makanan dengan tekstur yang keras saat Si Kecil batuk. Selain sulit untuk dikunyah, Si Kecil sangat terganggu dengan batuknya. Risiko tersedak pun juga menjadi lebih besar. Karena itu, ada baiknya tidak memberikan makanan bertekstur keras seperti permen ataupun kacang-kacangan.

Makanan yang Lengket

Memberikan jelly ataupun makanan yang terbuat dari ketan juga harus dihindari saat Si Kecil batuk. Alasannya tentu saja menghindarkan Si Kecil dari risiko tersedak. Pasalnya, makanan yang lengket sangat mengganggu tenggorokan, Moms.

Minuman Jus Instan

Memberikan jus buah segar memang dianjurkan untuk Si Kecil. Namun, berbeda dengan jus botolan instan yang ada di pasaran. Justru jus semacam ini akan memperparah sakit batuk Si Kecil. Jus instan biasanya mengandung banyak sekali gula. Dengan banyaknya gula, maka sistem imun Si Kecil akan terganggu. Jika sistem imun Si Kecil terganggu, sakit batuk pun jadi lebih parah dan lebih lama proses penyembuhannya.

Minuman atau Makanan Asam

Hindari memberikan makanan atau minuman yang rasanya asam. Justru dengan makanan atau minuman yang rasanya asam, tenggorokan akan berlendir dan menjadi lebih gatal. Tidak mengherankan jika Si Kecil akan semakin batuk.

Susu

Kurangi pula pemberian susu untuk sementara selama Si Kecil batuk. Pasalnya, produk susu justru menambah lendir di tenggorokan. Lendir membuat batuk semakin parah dan berdahak. Tentu saja itu akan mengganggu Si Kecil.

Sekarang Moms sudah tahu jenis makanan dan minuman apa saja yang tidak boleh dikonsumsi saat Si Kecil batuk. Semoga saja hal itu akan mempercepat proses penyembuhan batuk Si Kecil.

 

Leave a Reply

 

Like Our page