Merries For Moms

Sebenarnya Bolehkah Si Kecil yang Masih Balita Belajar Baca Tulis?

0 1
Sebenarnya Bolehkah Si Kecil yang Masih Balita Belajar Baca Tulis?

Setiap orangtua pastinya menginginkan si kecil cerdas, pintar, dan berprestasi. Untuk menggenjot prestasi dan kecerdasan si kecil, Moms pastinya mencoba mengajari si kecil belajar membaca, menulis, dan berhitung sedini mungkin. Tak heran bila ada banyak Moms dan Dads yang menyekolahkan si kecil yang belum masuk sekolah ke pra – sekolah. Hal ini menjadi perdebatan karena terkadang tak baik bagi balita. Benarkah mengajari si kecil membaca dan menulis kurang baik?

Diajari Belajar Baca Tulis Secara Bertahap

Saat ini ada banyak sekali sekolah untuk balita yang mengajari membaca dan menulis. Rata – rata usia si kecil masih berkisar antara 1,5 sampai 2 tahun. Hal ini tentu saja membuat Moms dan Dads berlomba – lomba untuk memasukkan si kecil ke sekolah terbaik agar bisa membaca dan menulis dengan cepat. Balita sebenarnya bisa diajari baik membaca dan menulis sejak dini. Tetapi, perlu diingat bahwa caranya harus tepat dan sesuai usianya. Pengajaran ini harus dilakukan secara bertahap dan diberikan sambilan permainan agar si kecil tak merasa tertekan dan bosan untuk anak dibawah usia 3 tahun.

Sedangkan untuk si kecil berusia 1 – 2 tahun, sebaiknya Moms memperkenalkan buku khusus balita. Dengan pengenalan buku ini, maka si kecil bisa terbiasa dengan huruf – huruf yang didalamnya dengan gambar – gambar lucu. Moms juga bisa merangsang si kecil dengan menceritakan cerita ataupun dongeng saat sebelum tidur ataupun ketika bersamanya. Yang jelas, si kecil harus mendapatkan pelajaran membaca dan menulis sesuai dengan usianya dan dilakukan secara bertahap.

Jangan Memaksa Balita Untuk Belajar Membaca dan Menulis

Membaca dan menulis tak bisa dikuasai oleh balita begitu cepat karena memerlukan waktu dan ketrampilan yang cukup untuk menguasainya. Si kecil harus bisa menguasai ketrampilan pendahuluan sebelum beranjak pada pelajaran membaca dan menulis. Sebenarnya anak di usia 0 – 6 tahun merupakan golden age atau masa dimana si kecil dapat menyerap informasi ataupun sesuatu yang dipelajari dengan mudah dan cepat. Bila Moms ingin mengajari membaca dan menulis, jangan pernah memaksa balita untuk harus bisa membaca dan menulis. Berikanlah pelajaran ini pelan – pelan sampai si kecil mengerti. Proses pelajaran ini memakan waktu yang lumayan lama sampai si kecil betul – betul bisa membaca dan menulis. Biarkanlah si kecil menikmati pelajaran dengan senang dan tanpa beban.

artikel terkait

komentar