Panduan Memilih Sepatu untuk Anak yang Sedang Belajar Jalan

February 1, 2017
Panduan Memilih Sepatu untuk Anak yang Sedang Belajar Jalan

Sepatu adalah alas kaki yang cukup penting yang perlu Moms perhatikan, saat akan membelikannya untuk Si Kecil. Moms tidak hanya perlu memperhatikan bentuk dan tampilannya yang harus menarik dan lucu saat dikenakan Si Kecil. Desain dan kenyamanan sepatu juga harus diperhatikan, karena hal ini ternyata berpengaruh pada kemampuan Si Kecil dalam berjalan. Jadi, bisa dikatakan, keberhasilan Si Kecil saat belajar berjalan juga dipengaruhi oleh sepatu yang Moms pilih. Untuk memilih sepatu yang tepat agar Si Kecil dapat lancar belajar berjalan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Ukuran Sepatu

Saat membeli sepatu, jangan menebak ukuran sepatu yang tepat untuk Si Kecil. Akan lebih baik, bila Moms mengajak Si Kecil dan langsung dicoba ke kaki Si Kecil. Dengan cara ini, maka Moms akan dapat memilih ukuran sepatu yang tepat dan sesuai dengan kakinya. Ukuran yang cocok akan membuat Si Kecil lebih nyaman dalam berjalan. Dan, ini akan sangat membantu saat Si Kecil belajar berjalan.

Untuk memilih ukuran yang tepat, perhatikan bagian jari. Pastikan jari Si Kecil tidak menekuk ke bawah. Minimal harus ada jarak sekitar 1 cm hingga 2 cm antara ujung kaki Si Kecil dengan ujung bagian dalam sepatu.

Bagian Tumit

Bagian tumit sepatu juga harus pas. Jangan membeli sepatu dimana bagian tumit terlalu lebar. Hal ini akan dapat membuat Si Kecil tersandung saat berjalan. Dan dapat berbahaya, saat Si Kecil masih baru belajar berjalan, dimana keseimbangan dan cara berjalannya belum stabil. Lalu, memilih sepatu dengan tumit yang terlalu menempel juga tidak baik. Hal ini dapat membuat kaki Si Kecil lecet. Meski Moms mengenakan kaus kaki pada kaki Si Kecil, resiko ini tetap saja ada.

Bentuk atau Desain Sepatu

Bentuk sepatu yang runcing atau high heels memang terlihat lucu saat dikenakan oleh Si Kecil. Namun, perlu diketahui, bentuk yang terlalu berlebihan seperti ini dapat menyebabkan Si Kecil tersandung dan terjatuh. Hal ini sangat berbahaya saat Si Kecil baru belajar berjalan. Ditambah lagi, desain seperti ini akan memperburuk keseimbangan Si Kecil yang seharusnya terlatih saat belajar berjalan.

Bahan dan Bagian Bawah Sepatu

Pilih sepatu yang terbuat dari bahan kanvas atau kain yang mempunyai sirkulasi udara yang lancar. Hindari sepatu dari karet atau plastik. Lalu, untuk bagian bawah sepatu, Moms perlu memilih alas dengan alur kasar tapi tidak terlalu dalam. Hal ini dapat membantu Si Kecil agar tidak terpeleset.

Leave a Reply

 

Like Our page