Merries For Moms

Pakai Trik Jitu Ini Supaya Si Kecil Bisa Cepat Membaca Yuk Moms!

0 0
Pakai Trik Jitu Ini Supaya Si Kecil Bisa Cepat Membaca Yuk Moms!

Buku adalah jendela ilmu. Dengan membaca, maka ada banyak hal yang bisa didapat dan hal-hal tersebut berguna untuk kehidupan. Karena itu, diwajibkan untuk mengajarkan kebiasaan membaca sejak dini. Artinya, Si Kecil harus Moms ajarkan membaca sejak dini. Dan, ada beberapa cara agar Si Kecil bisa cepat bisa membaca.

Nyaman

Buat agar Si Kecil merasa nyaman. Jangan buat Si Kecil memandang belajar membaca ini sebagai beban dan hukuman. Buat agar belajar membaca menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Caranya cukup mudah, misalnya:

  • Jangan terlalu banyak memberikan tes
  • Jangan memaksa
  • Moms harus santai saat mengajar membaca Si Kecil

Cara Mengajar

Setelah Si Kecil merasa nyaman, selanjutnya Moms harus mengajarkannya dengan cara yang tepat. Untuk yang satu ini, Moms dapat menggunakan permainan. Misalnya dengan menggunakan buku bergambar. Moms bisa membimbing Si Kecil untuk membaca tulisan didalamnya untuk mengetahui cerita yang ada pada gambar yang tercetak pada buku tersebut. Si Kecil yang penasaran akan merasa bersemangat untuk terus membaca karena ingin tahu.

Tapi yang paling penting disini adalah Moms juga harus bersemangat dan menikmati saat mengajar membaca Si Kecil. Jangan memperlihatkan ekspresi malas atau tidak bersemangat, karena ini juga mempengaruhi Si Kecil.

Metode Glen Doman

Ada satu metode nih, Moms, yang bisa dicoba untuk mengajarkan Si Kecil membaca. Nama metodenya adalah Metode Glen Doman. Berikut caranya:

  • Buat 3 kategori kata-kata dalam bentuk kartu, yaitu kategori A, B dan C. Tiap kategori mempunyai jenis kata-kata yang berbeda, misalnya kategori A adalah kategori keluarga, kategori B adalah kategori binatang dan kategori C adalah kategori buah.
  • Lalu, suruh Si Kecil mengambil satu kartu dan Moms bacakan tanpa harus menjelaskan artinya, dan suruh Si Kecil menirukannya. Hal ini hanya boleh berlangsung selama 2 detik. Lakukan untuk 5 kata, lalu istirahat. Beri pelukan dan ciuman sebagai penghargaan atas apa yang Si Kecil lakukan.
  • Waktu melakukannya juga perlu dibagi menjadi beberapa hari, yaitu:
    • Hari pertama kategori A maks 3 kali
    • Hari kedua kategori A dan B masing-masing 3 kali
    • Hari ketiga kategori A, B dan C masing-masing 3 kali
  • Lakukan ini secara terus menerus. Ganti kata yang digunakan setelah digunakan sebanyak 14 hingga 24 kali.

Terasa sulit dan rumit memang. Tapi, yang Moms butuhkan disini adalah kesabaran. Bila Moms juga menikmati ini, Si Kecil juga akan cepat bisa membaca.

artikel terkait

komentar