Merries For Moms

Pakai Tips Jitu Ini untuk Ajarkan Si Kecil Menabung Dads!

0 5
Pakai Tips Jitu Ini untuk Ajarkan Si Kecil Menabung Dads!

Belajar mengatur keuangan tidak selalu dilakukan orangtua. Bahkan ada baiknya untuk mengenalkan bidang tersebut sejak dini, salah satunya dalam urusan menabung. Si Kecil yang sudah akrab dengan kebiasaan menabung akan terbiasa mengelola keuangannya dan membiasakannya untuk tidak mudah tergoda membeli barang yang sebenarnya tidak dia butuhkan.

Di bawah ini ada beberapa metode yang dapat Dads ajarkan supaya si Kecil mau belajar menabung.

Memberikan Si Kecil Uang Saku

Jatah uang saku dapat diberikan per hari, per minggu, atau per bulan. Uang yang diberikan dalam jumlah tertentu secara tidak langsung membuat si Kecil belajar untuk mengatur keuangannya dalam memenuhi kebutuhan dalam jangka waktu tertentu. Jangan lupa untuk membimbingnya juga, Dads.

Membelikan Tempat untuk Menabung

Sekarang, Dads tidak akan kesulitan menemukan tempat menabung bagi si Kecil. Ada dompet sampai celengan berbentuk hewan yang didesain untuk menarik perhatiannya. Ajaklah dia untuk memilih tempat menabung favoritnya, sehingga dia pun lebih bersemangat untuk menerapkan kebiasaan tersebut.

Mengenalkan Cara Menabung di Bank

Selain membelikan celengan atau dompet, Dads juga bisa mengenalkan si Kecil terhadap sistem yang lebih modern, yakni menabung di bank. Beberapa bank sudah menyediakan paket tabungan bagi anak-anak yang usianya sudah mencapai 8 atau 9 tahun.

Tunjukkan Contoh Baik untuk si Kecil

Salah satu contoh yang dapat Dads terapkan adalah tidak berbohong kepada si Kecil saat memenuhi kebutuhan. Ajarkan si Kecil tentang skala prioritas dengan membuat daftar pengeluaran. Sehingga dia pun akan terbiasa dalam mengatur keuangannya kelak.

Memperlihatkan Kemurahan Hati

Bukan hanya mengelola keuangan, si Kecil juga harus mengetahui fungsi uang selain untuk membeli kebutuhan. Perlihatkan kepadanya bahwa uang juga dapat digunakan untuk membantu orang-orang yang lebih membutuhkan atau tidak mampu. Kebiasaan ini akan membuatnya menjadi tidak serakah.

Kenalkan Uang Melalui Permainan

Metode selanjutnya yang dapat Dads terapkan untuk mengenalkan si Kecil terhadap pengelolaan uang adalah permainan. Ada banyak permainan yang bisa Dads gunakan, salah satunya monopoli yang amat terkenal di kalangan anak-anak dan dewasa.

Memberikan Pemahaman Tentang Uang

Hal terakhir dan terpenting yang perlu Dads lakukan adalah memberikan si Kecil pemahaman tentang uang kepada si Kecil. Tidak perlu yang berat, cukup jelaskan konsep sederhana tentang uang sebagai alat jual-beli menggunakan bahasa yang mudah dimengerti.

artikel terkait

komentar