Manfaat Senyum bagi Pertumbuhan Si Kecil

November 30, 2016
Manfaat Senyum bagi Pertumbuhan Si Kecil

Pasti sebagian besar orangtua tidak bisa menahan senyum tiap kali memandangi Si Kecil yang masih bayi. Senyuman dari orangtuanya juga biasanya akan membuat si kecil tersenyum kembali pada orangtua dan hal ini jika tidak hentikan bisa berlangsung cukup lama. Hal ini tidak masalah, justru ternyata punya manfaat besar untuk pertumbuhan si kecil lho Moms.

Apa saja manfaat senyuman bagi pertumbuhan si kecil? Berikut adalah beberapa di antaranya Moms.

  1. Membantu si kecil yang masih bayi merasa aman dan nyaman.
  1. Memainkan peranan dalam membangun ikatan batin sekaligus proses merekatkan orangtua dengan si kecil.
  1. Membantu si kecil yang masih bayi belajar sekaligus mengembangkan wawasan akan dunia di sekitarnya.
  1. Si kecil yang masih bayi dan balita yang membaca ekspresi muka orangtuanya akan memakai ekspresi wajah ini sebagai panduan dalam berperilaku kelak saat usianya bertambah.
  1. Pengalaman emosional yang didapat bersama orangtuanya akan membantu si kecil membentuk respon emosional saat mereka berinteraksi kelak dengan orang lain. Si Kecil akan bisa mengembangkan pemikiran dan emosinya berdasarkan pengalaman yang mereka dapat untuk interaksi sosial sepanjang hidupnya nanti.

Sebuah penelitian ilmiah mengungkapkan, saat hubungan (koneksi) terjadi antara si kecil dengan orangtua, hal ini akan membantu reaksi kimia dalam tubuh si kecil. Sebaliknya jika si kecil merasa kurang aman atau bahkan stres, kadar hormon stres di dalam tubuh si kecil yang masih bayi akan meningkat. Hal ini tentu saja akan berdampak kurang baik pada pertumbuhannya.

Moms harus ingat, senyum adalah salah satu blok bangunan dalam hubungan si kecil dengan orangtuanya. Wajah yang paling dicari untuk memberinya kepastian, respon menenangkan dan mendapat perhatian sudah pasti adalah wajah kedua orangtuanya.

Memang tidak semua senyum punya arti yang penting (vital), tetapi senyum yang ditangkap oleh si kecil memberinya pesan yang luar biasa. Nah, mulai dari sekarang jangan ragu untuk sering tersenyum pada si kecil ya Moms agar pertumbuhannya bisa lebih baik.

 

Leave a Reply

 

Like Our page