Merries For Moms

Lebih Dekat dengan Si Kecil dengan Cara Ini Dads

0 1
Lebih Dekat dengan Si Kecil dengan Cara Ini Dads

Menjadi seorang ayah adalah impian bagi sebagian besar pria. Mungkin salah satunya Dads yang baru atau sedang memasuki masa-masa mengawasi tumbuh kembang Si Kecil. Tak jarang Dads juga bakal bertemu rutinitas baru seperti mengganti diapers atau sesekali terjaga gara-gara tangisannya di tengah malam. Sekilas memang melelahkan, tetapi justru momen-momen seperti ini yang tidak boleh Dads lewatkan, karena waktu akan cepat berlalu.

Maka dari itu, manfaatkanlah masa-masa tumbuh kembang Si Kecil dengan kegiatan-kegiatan positif. Di antaranya mendekatkan diri melalui cara-cara di bawah ini:

Mengganti Diapers

Mengganti atau memakaikan diapers bukan hanya tugas Moms. Dads juga harus bisa melakukannya dan bahkan bisa dimanfaatkan sebagai sesi untuk membangun ikatan batin dengan Si Kecil. Khususnya saat dia sedang rewel dan mencari perhatian.

Memberi Makan

Kegiatan ini tak jarang dianggap menyeramkan bagi sebagian ayah, karena tak jarang Si Kecil menolak makanan yang disuapkan. Padahal Dads, memberi makan Si Kecil dapat melatih kesabaran sekaligus mengembangkan kemampuan berkomunikasi bersama anak.

Bermain Bersama

Bukan hanya makan, bermain juga tak jarang dihindari Dads karena ada kalanya Si Kecil sedang tidak mood atau malah terlalu aktif. Namun, kegiatan ini juga bisa Dads manfaatkan untuk menanamkan nilai-nilai kehidupan atau edukatif sesuai usianya.

Mengasuh Si Kecil

Ketika Moms sedang sakit atau menikmati me time, maka Dads akan menggantikan tugasnya untuk mengasuh Si Kecil. Dads dapat melakukan aktivitas-aktivitas yang bisa meningkatkan ikatan emosional dengan Si Kecil, misalnya mandi bersama, menggambar, atau menonton tayangan favoritnya.

Bicara dan Beri Saran

Sudah menjadi tugas bagi seorang ayah untuk membimbing Si Kecil ke arah yang baik. Maka saat dia sedang menghadapi masalah, ajak dia mengobrol dan beri saran untuk menemukan solusi yang tepat. Sesuaikan gaya bahasa dengan usianya juga, Dads.

Menjadi Contoh

Anak-anak akan meniru apa yang orangtuanya lakukan. Jika Dads ingin Si Kecil jadi sosok yang baik, maka jadilah seorang ayah yang perilakunya patut dia tiru. Hal ini kelak akan mempengaruhi banyak aspek dalam hidupnya di kemudian hari.

Memberi Dukungan

Selama pilihan Si Kecil tidak menyimpang dari nilai dan norma, Dads harus memberinya dukungan agar dia dapat berkembang menjadi lebih baik. Di sisi lain, jangan memaksakan Si Kecil melakukan sesuatu yang tidak dia inginkan.

artikel terkait

komentar