Latih Keseimbangan Si Kecil dengan Cara Ini!

February 26, 2017
Latih Keseimbangan Si Kecil dengan Cara Ini!

Keseimbangan ternyata sangat penting untuk perkembangan motorik Si Kecil, loh, Moms. Dengan melatih keseimbangan Si Kecil, maka Moms dapat membuat Si Kecil lebih aktif bergerak. Dan, hal terbaiknya, hal ini juga dapat membantu Si Kecil untuk cepat dapat berjalan. Untuk membantu melatih keseimbangan Si Kecil ini, ada beberapa kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan.

Meniru Gerakan

Moms dapat mengajak Si Kecil bermain meniru gerakan. Moms dapat meloncat, berlari dan membentuk berbagai pose yang akan ditirukan oleh Si Kecil. Selain itu, ajak juga Si Kecil meniru mimik muka Moms. Ini juga dapat membantu Si Kecil lebih mengenal tubuhnya sendiri, yang tentunya akan membantu melatih keseimbanganya lebih baik. Setelah itu, coba buat Si Kecil yang memimpin permainan untuk membuatnya mengeksplor berbagai gerakan yang melatih keseimbangannya.

Bermain Menjadi Binatang

Bermain menjadi binatang juga dapat sangat membantu Si Kecil. Misalnya, menjadi kelinci atau kangguru dan melompat-lompat. Dengan seperti ini, fungsi motorik Si Kecil benar-benar teroptimalkan.

Berjinjit

Coba ajak Si Kecil untuk bermain berjalan berjinjit. Moms dapat memasukkan permainan ini dalam permainan binatang, karena ada banyak binatang yang berjalan dengan cara berjinjit. Misalnya, kucing, harimau atau lainnya saat akan menerkam mangsanya. Atau, bila Moms juga dapat mengajak bermain seperti peragawati dengan berjinjit melalui ruangan.

Hopscotch

Permainan ini membutuhkan peralatan yang sederhana. Moms hanya perlu membuat kotak-kotak yang menjadi tempat untuk melompat dan berbagai rintangan yang harus dihindari. Untuk rintangan, Moms dapat menggunakan bantal dan sejenisnya. Lalu, dari satu titik ke titik lainnya, Moms dan Si Kecil harus melaluinya dengan melompat pada kotak yang disediakan. Permainan ini dapat membantu juga melatih koordinasi tubuh Si Kecil.

Memetik Bunga atau Buah

Bila Moms memiliki pohon atau tanaman bunga, Moms dapat mengajak Si Kecil untuk memetiknya bersama. Tentu saja, letak bunga atau buah tersebut lebih tinggi dari tinggi badan Si Kecil. Hal ini dapat membantu Si Kecil untuk melatih otot kaki dan tangannya. Yang perlu diperhatikan, Moms harus selalu mendampingi Si Kecil saat melakukan ini. Jangan sampai Si Kecil terluka karena memegang batang yang berduri atau terkena serangga.

Pada dasarnya, untuk melatih keseimbangan Si Kecil, Moms harus menstimulasi otot kaki Si Kecil. Kegiatan-kegiatan diatas dapat membantu untuk melakukan hal ini. Dan, yang jelas kegiatan-kegiatan diatas sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Leave a Reply

 

Like Our page