Merries For Moms

Latih Kemampuan Bicara Si Kecil dengan 5 Aktivitas Ini Dads!

0 17
Latih Kemampuan Bicara Si Kecil dengan 5 Aktivitas Ini Dads!

Berbicara adalah salah satu kemampuan spesial yang dimiliki manusia. Jadi sangatlah penting bila Dads sudah mampu mengasah kemampuan ini sejak dini untuk Si Kecil. Yang perlu Dads tahu, berbicara dan menambah kosakata Si Kecil juga dapat melatih otaknya untuk memproses berbagai informasi. Ini juga artinya dapat meningkatkan kecerdasan dari Si Kecil. Untuk melatih kemampuan berbicara Si Kecil sejak dini, ada beberapa hal yang bisa Dads lakukan.

Menirukan Suara

Dads dapat bermain dengan Si Kecil yaitu permainan menirukan suara. Misalnya, Dads membuat suara binatang, seperti kucing, sapi dan lainnya, lalu Si Kecil menirukannya. Setelah itu, coba untuk mengucapkan kata-kata atau nama benda, dan perintahkan Si Kecil untuk menirukannya. Cara ini juga bisa menambah kosakata Si Kecil. Agar lebih mudah, pakai kata-kata yang menggunakan kata yang diucapkan dengan bibir mengatup, seperti B atau M.

Bernyanyi

Bernyanyi juga menjadi salah satu cara yang paling pas untuk mengasah kemampuan berbicara Si Kecil. Dads dapat mengajak Si Kecil menyanyikan lagu anak-anak, seperti “Kebunku”, “Pelangi” dan lainnya. Dengan diikuti tarian atau gerakan tertentu, Si Kecil juga dapat melatih fungsi motoriknya.

Tebak Bagian Tubuh

Dads juga dapat mengajak Si Kecil untuk bermain tebak bagian tubuh. Dads dapat menunjuk bagian tubuh Si Kecil, sambil mengatakan nama bagian tersebut, seperti “Ini hidung, ini tangan, ini mulut”. Lalu biarkan Si Kecil menirukan ucapan Dads. Cara ini tidak hanya dapat melatih kemampuan bicara Si Kecil. Tetapi, juga dapat membuat Si Kecil menjadi lebih sadar dan mengenal lebih baik bagian tubuhnya. Ini akan membantu Si Kecil untuk lebih perhatian, khususnya dalam menjaga kesehatan tubuhnya nanti.

Mengobrol

Tentu cara yang paling efektif adalah mengajak Si Kecil mengobrol. Mungkin Si Kecil tidak bisa mengatakan banyak hal saat ingin mengungkapkan apa yang Si Kecil inginkan atau yang dirasakannya. Dari sini, Dads dapat mencoba membantu dengan memberitahu kata-kata yang ingin diucapkan Si Kecil. Agar kegiatan mengobrol ini tidak membosankan dan Si Kecil dapat merasakan efeknya lebih baik, pilih tema yang memang disukai Si Kecil. Misalnya makanan kesukaannya, binatang yang menarik buat Si Kecil, mainannya dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, Dads hanya perlu berkomunikasi secara efektif dan sering dengan Si Kecil, dan yang paling penting, Dads juga harus menikmati kegiatan ini.

artikel terkait

komentar