Merries For Moms

Kenali Tren Baby-Led Weaning Yuk Moms!

0 2
Kenali Tren Baby-Led Weaning Yuk Moms!

ASI adalah makanan yang paling tepat untuk Si Kecil, namun Moms juga perlu memberikan makanan tambahan untuk melatih pencernaan Si Kecil dan memberikan nutrisi tambahan. Selain MPASI, saat ini ada juga tren Baby-Led Weaning yang sedang disukai banyak Moms. Jadi, tren apakah ini?

Baby-Led Weaning atau biasa disingkat dengan BLW adalah metode di mana Si Kecil dibiarkan memegang makanan tambahan tersebut dan memakannya sendiri. Jadi, Moms tidak perlu menyuapi Si Kecil disini. Tapi, Moms harus tahu, bila cara BLW tidak bisa menggunakan makanan sembarangan. Moms harus memilih makanan yang memang aman. Makanan yang aman harus sudah dimasak, teksturnya empuk dan mudah dicerna oleh Si Kecil. Di tambah lagi, ukurannya juga harus sesuai dengan genggaman Si Kecil maupun mulutnya.

MPASI dapat diberikan saat Si Kecil berusia 6 bulan, BLW pun demikian. Jadi, Moms bisa membuat variasi dengan memberikan Si Kecil BLW dan MPASI. Usia ini juga sudah cukup untuk Si Kecil memakan makanannya sendiri karena relfeks tangan maupun lidah Si Kecil sudah lebih baik.

BLW ini mempunyai beberapa keuntungan. Dalam metode BLW, Moms bisa membantu Si Kecil untuk belajar lebih mengenai tekstur makanan. Ini sangat bagus untuk perkembangan indera peraba Si Kecil dan kemampuan motorik mereka, dan tentunya manfaat yang paling besar bagi Moms adalah Moms tidak perlu repot-repot untuk membuat Si Kecil makan atau menyuapinya. Si Kecil dapat lebih bebas dan senang saat makan makanan yang disajikan oleh Moms.

Mungkin yang sedikit merepotkan adalah membersihkan sisa makanan dari Si Kecil. Biasanya, Si Kecil akan melempar makanannya saat memakai metode BLW ini. Tapi, ini bukanlah masalah, yang menjadi masalah besar atau kekurangan dari metode BLW adalah adanya resiko tersedak. Dalam metode BLW, terdapat dua masalah yang harus Moms waspadai, yaitu gagging dan choking.

Gagging adalah kondisi dimana Si Kecil terlalu banyak memasukkan makanan ke dalam mulutnya. Alhasil, makanan pun keluar atau Si Kecil memuntahkannya. Moms hanya perlu membersihkan kalau ada masalah ini, yang paling serius adalah choking atau tersedak. Bila masalah ini yang terjadi, makanan bisa menghambat saluran pernafasan Si Kecil yang bisa berbahaya untuknya. Sebaiknya, Moms harus tahu cara mengatasi tersedak ini, dan konsultasi kepada dokter, sebelum Moms memakai metode BLW untuk mengetahui apakah Si Kecil memang siap dan bisa menggunakan cara ini.

artikel terkait

komentar