Kapan Waktu Ideal Si Kecil untuk Bermain?

October 25, 2016
Kapan Waktu Ideal Si Kecil untuk Bermain?

Bermain mungkin terlihat sebagai kegiatan yang sepele. Namun, bagi Si Kecil, bermain dapat menjadi salah satu hal terpenting untuk mereka. Moms juga harus sadar akan hal ini dan memberikan waktu yang pas dan cukup untuk Si Kecil gunakan untuk bermain. Salah satu alasan mengapa bermain itu penting adalah bermain dapat merangsang berbagai aspek yang berpengaruh pada pertumbuhan mental, kemampuan serta tubuh Si Kecil.

Misalnya, saat Si Kecil bermain sepakbola atau kegiatan fisik lainnya, hal ini bisa membuat perkembangan fungsi motorik dan kekuatan otot dan tulang mereka menjadi lebih baik. Atau, saat Si Kecil juga dapat bermain permainan yang mendukung bakat Si Kecil maupun kemampuan berfikirnya. Nah, sekarang, setelah mengetahui pentingnya bermain untuk Si Kecil, Moms harus tahu kapan waktu tepat membiarkan Si Kecil bermain.

Hal pertama yang harus diingat adalah jangan memberikan waktu bermain setelah belajar. Kenapa? Bukankah itu bisa menjadi seperti hadiah untuk Si Kecil setelah lelah belajar? Sebenarnya, bila Moms melakukan hal ini, maka Si Kecil bisa menganggap bahwa belajar merupakan hal yang tidak baik atau beban untuk Si Kecil. Padahal, belajar juga penting untuk Si Kecil.

Jadi, akan lebih baik, bila Moms memberikan waktu khusus tiap hari yang bisa digunakan Si Kecil untuk bermain sepuasnya. Atau, berikan waktu saat akhir pekan untuk Si Kecil bisa bebas bermain sepuas dan selama yang Si Kecil mau. Yang perlu diperhatikan, waktu bermain ini harus pada waktu dimana Si Kecil memang sudah bebas, artinya tidak mempunyai tanggung jawab atau tugas yang harus dilakukan. Misalnya, saat Si Kecil sudah selesai makan, belajar dan lain sebagainya.

Buat waktu bermain ini menjadi jadwal atau rutinitas untuk Si Kecil. Dengan demikian, maka Si Kecil akan dapat fokus pada kegiatan lainnya yang juga penting tanpa harus terganggu untuk keinginan bermain Si Kecil. Ini juga bisa membuat Si Kecil terbiasa dengan tanggung jawab, yang tentunya baik untuk masa depan mereka.

Selain waktu dalam satu hari, ada juga waktu atau rentang usia dimana Si Kecil sedang aktif atau utamakan bermain. Rentang usia yang dimaksud adalah usia 2 hingga 6 tahun. Usia ini disebut the play years dimana Si Kecil bermain tidak hanya untuk bersenang-senang, tetapi juga belajar banyak hal. Jadi, Moms harus mengutamakan hal ini saat Si Kecil berada di rentang usia ini.

Leave a Reply

 

Like Our page