Merries For Moms

Jangan Lupa Ajari Nilai-Nilai Moral Ini Pada Si Kecil ya Dads!

0 1
Jangan Lupa Ajari Nilai-Nilai Moral Ini Pada Si Kecil ya Dads!

Si Kecil mempunyai kecerdasan tinggi alias pintar, atau pandai berolahraga. Memang hal itu adalah hal baik. Tapi, itu tidak berarti, bila Si Kecil tidak mempunyai moral yang baik. Moral bisa dikatakan sebagai esensi dari sikap Si Kecil di masa mendatang. Ini juga yang membentuk Si Kecil menjadi orang seperti apa di masa depannya. Bila Si Kecil mempunyai moral yang baik, Dads dan Moms tidak perlu khawatir dengan masa depan Si Kecil. Lalu bagaimana caranya untuk mengajari nilai-nilai moral pada Si Kecil?

Jangan Berbohong

Nilai moral yang paling mudah Dads ajarkan adalah kejujuran. Kejujuran sangat penting karena ini yang akan membentuk mental Si Kecil. Bila sudah terbiasa jujur sejak kecil, bisa dibilang peluang Si Kecil untuk berbuah hal yang tidak baik akan mengecil. Tanamkan bahwa berbohong akan merugikan dirinya dan orang lain. Dan tentunya, Dads dan Moms juga harus memberi contoh dengan tidak berbohong dan selalu jujur.

Tanggung Jawab dan Minta Maaf

Ajarkan pula Si Kecil agar mau bertanggung jawab dan meminta maaf bila melakukan kesalahan. Tanamkan pada diri Si Kecil, bila setiap kesalahan ada konsekuensinya. Salah satunya adalah kewajiban Si Kecil untuk meminta maaf. Hal ini juga akan membuat Si Kecil lebih dihargai orang lain.

Suka Menolong dan Rendah Hati

Ajarkan Si Kecil agar suka menolong yang membutuhkan. Tidak perlu mengenai hal-hal yang berat. Menolong seperti mengambilkan barang yang terjatuh atau menutupkan pintu sudah menjadi cara yang mudah untuk menanamkan nilai moral pada Si Kecil. Hal ini juga akan menumbuhkan sikap rendah hati pada Si Kecil. Rendah hati akan membuat Si Kecil lebih mudah berempati pada orang lain.

Menghargai

Hal ini mungkin sulit diajari, karena Si Kecil cenderung suka membandingkan dirinya dan keluarganya, dengan teman-temannya, dan selalu ingin lebih unggul dari yang lain. Dads wajib mengajarkan bagaimana menghargai perbedaan yang ada. Perbedaan baik dari sisi fisik maupun pendapat dari temannya juga perlu Dads ajarkan disini. Ini yang akan membentuk Si Kecil menjadi pribadi yang baik dan tidak sombong.

Namun, yang paling penting disini adalah Dads sendiri. Dads juga harus mencontohkan dengan melakukan semua hal yang disebutkan diatas. Dengan mencontohkan langsung, Si Kecil akan lebih mudah paham dan menirukannya.

 

artikel terkait

komentar