Merries For Moms

Ingin Sukses Mengasuh Anak Perempuan? Ayah Bisa Pakai Cara Ini!

0 32
Ingin Sukses Mengasuh Anak Perempuan? Ayah Bisa Pakai Cara Ini!

Dads sebagai seorang pria mungkin sering kesulitan memahami perasaan seorang wanita, tak terkecuali saat membesarkan si Kecil. Tidak semua ayah mempunyai kemampuan untuk mengerti akan keinginan si Kecil walau sudah mengerahkan segala usaha untuk menyenangkannya. Namun, Dads jangan cepat menyerah, karena kesulitan sebesar apa pun pasti ada jalan keluarnya. Dads bisa mempraktikan kiat-kiat sukses mengasuh anak perempuan berikut ini.

Memberi Kasih Sayang Sepenuh Hati

Dengan memberi kasih sayang sepenuh hati kepada Moms akan mempermudah Dads untuk mengasihi si Kecil pula. Melihat Dads membantu Moms di dapur atau memeluknya sebelum pergi ke kantor secara tidak langsung akan meluluhkan hati dan menumbuhkan rasa hormat dari si Kecil. Sehingga dia tidak sungkan menerima saran dan percaya kepada Dads.

Menunjukkan Rasa Hormat dan Sopan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, Dads juga perlu menunjukkan rasa hormat dan sikap sopan saat bertemu dengan orang lain di depan si Kecil. Tentu saja sikap tersebut harus dilakukan dengan tulus dan tidak dibuat-buat. Kenalkan juga si Kecil dengan mereka. Berikan pujian dan naikkan rasa percaya dirinya agar si Kecil tidak kaku berhadapan dengan orang lain.

Hindari Kata-kata atau Ucapan Kasar

Sesulit apa pun situasi yang Dads hadapi, jangan sampai kata-kata kasar terlontar dari mulut, terutama di depan si Kecil. Jika emosi Dads sulit dibendung, sebaiknya pisahkan diri terlebih dahulu dari si Kecil dan tenangkan diri sampai pikiran kembali jernih. Dengan menunjukkan cara menghadapi kesulitan kepada si Kecil, Dads telah menanamkan sosok ayah yang bijak dan sabar padanya.

Tidak Membanding-bandingkan Si Kecil

Beberapa orangtua yang konservatif kadang masih membandingkan anak laki-laki dan perempuan di hadapan kolega. Dads sebaiknya hindari hal tersebut dan perlakukan si Kecil sederajat dengan anak laki-laki. Selain itu, jangan beda-bedakan tugas dan tanggung jawabnya di rumah. Hal ini akan membentuk si Kecil menjadi pribadi yang kuat dan mandiri.

Mengambil Alih Tugas-tugas Domestik

Tidak ada salahnya bagi Dads untuk mengerjakan tugas-tugas domestik yang biasanya dilakukan Moms seperti memasak, mencuci, atau membersihkan rumah. Jika dilakukan dengan tulus, si Kecil tidak akan menaruh rasa hormat yang tinggi kepada Dads. Trik ini akan membantu Dads dalam membangun figur ‘pahlawan’ di hadapan Moms maupun si Kecil.

Tidak Sungkan untuk Menolong si Kecil

Jika Dads ingin mendapatkan rasa hormat dari si Kecil, maka hargailah dia terlebih dahulu. Tidak perlu dengan cara yang berat, menolongnya saat si Kecil sedang berada dalam kesulitan. Dia akan merasa dilindungi dan nyaman kala Dads berada di sampingnya. Namun jangan terlalu memanjakannya karena akan membuat si Kecil tidak mandiri.

artikel terkait

komentar