Merries For Moms

Ibu, Lebih Hati-Hatilah Saat Memberi Makanan yang Bisa Membuat Anak Tersedak Ini!

0 1,011
Ibu, Lebih Hati-Hatilah Saat Memberi Makanan yang Bisa Membuat Anak Tersedak Ini!

Ada kalanya Moms memberikan makanan tambahan atau bila Si Kecil masih minum ASI, diberikan makanan pendamping ASI. Makanan tambahan seperti ini juga diberikan saat Moms ingin memperkenalkan Finger Foods pada Si Kecil. Namun, Moms juga harus berhati-hati saat memberikan makanan-makanan ini, karena ada resiko tersedak. Saat orang dewasa tersedak, maka hal ini bisa diatasi dengan mencoba batuk. Tapi, untuk Si Kecil, yang masih belum mengontrol sepenuhnya fungsi tubuhnya, hal ini bisa berbahaya. Bahkan, bila tidak mendapatkan pertolongan, nyawa dapat menjadi taruhannya. Dan, berikut beberapa makanan yang bisa membuat tersedak.

Buah dengan Biji

Buah seperti semangka memang mudah lumer dimulut dan dicerna. Tapi, dengan banyaknya biji didalamnya, maka hal tersebut berbahaya bagi Si Kecil. Jadi, Moms harus benar-benar teliti saat menghilangkan biji-bijinya, jangan sampai ada yang tertinggal.

Ayam dan Ikan

Mungkin Moms menyajikan ayam dan ikan dalam bentuk filet atau sudah digiling. Namun, tetap harus diperiksa lebih lanjut apakah ada potongan tulang dan duri yang tersisa, agar jangan sampai membuat Si Kecil tersedak.

Selai Kacang

Sebenarnya, Moms bisa memberikan selai kacang murni yang sangat halus yang mudah untuk ditelan. Tapi, ingat, bila selai kacang termasuk mempunyai kepekatan yang tinggi. Kondisi makanan yang seperti ini juga dapat menyebabkan Si Kecil tersedak. Moms tidak boleh memberikannya secara langsung, misalnya satu sendok selai kacang karena Si Kecil menyukai rasanya. Akan lebih baik, bila Moms menjadikan selai kacang sebagai pelengkap makanan lain, seperti roti atau biskuit.

Kacang Polong

Memang, bila Moms merebus kacang polong dalam waktu yang cukup lama, maka akan lebih mudah untuk dimakan. Tapi, bila Si Kecil makan dalam jumlah banyak, ada peluang bila beberapa biji akan tertelan langsung tanpa terkunyah secara baik. Hal ini bisa meningkatkan resiko tersedak. Jadi awasi Si Kecil saat makan makanan ini.

Wortel

Wortel sangat baik karena mengandung Vitamin A dan C. Namun, sebaiknya jangan menyajikannya dalam potongan yang besar. Potong kecil-kecil atau bila perlu parut halus agar lebih mudah dimakan dan mengurangi resiko tersedak.

Makanan yang Menimbulkan Alergi

Makanan-makanan yang disebutkan di atas dapat meningkatkan resiko tersedak karena teksturnya. Namun, selain tekstur, Moms juga harus memperhatikan apakah Si Kecil mempunyai alergi terhadap makanan yang diberikan. Bila Si Kecil alergi, mereka juga dapat tersedak dan mengalami masalah pernafasan.

artikel terkait

komentar