Hati-Hati, Ternyata Balita Juga Bisa Kena Maag Lho Moms

October 1, 2016
Hati-Hati, Ternyata Balita Juga Bisa Kena Maag Lho Moms

 Kebanyakan orang tua menganggap bahwa penyakit maag hanya diderita oleh dewasa saja. Pernahkah Moms berpikir bahwa maag bisa menyerang anak – anak hingga balita? Hati – hati ya Moms karena si kecil juga bisa menderita maag. Lalu apakah yang menyebabkan maag dan gejala – gejala yang ditimbulkannya? Inilah penjelasan tentang penyakit maag yang menyerang anak – anak.

Penyebab Maag pada Balita

Maag tak hanya menyerang dewasa saja. Anak balita juga bisa menderita penyakit maag. Namun, proses munculnya maag pada balita berbeda pada dewasa. Penyebab penyakit maag pada balita juga sedikit berbeda pada dewasa. Jadi, Moms harus waspada. Maag pada balita tak selalu disebabkan oleh stress ataupun pola makan yang tak teratur. Maag pada anak kecil juga bisa disebabkan oleh infeksi kuman yang menyerang lambung si kecil. Bakteri dan kuman ini biasanya melalui perantaraan minuman dan makanan. Selain serangan kuman, kurangnya konsumsi sayur juga mengakibatkan jonjot – jonjot lambung tidak dalam kondisi prima karena beberapa makanan susah dicerna.

Gejala – Gejala Maag Pada Balita

Gejala – gejala maag pada balita ternyata hampir sama dengan gejala penyakit maag pada umumnya. Biasanya si kecil yang menderita maag akan merasakan sakit pada area ulu hati dan merasa kembung. Bila balita berusia lebih dari 5 tahun, maka Moms akan lebih mudah mengetahui penyakit ini karena si kecil bisa mengungkapkan rasa sakitnya. Hal ini berbeda dengan si kecil yang masih berusia dibawah 5 tahun. Si kecil biasanya akan hilang nafsu makan, buang air besar kurang lancar, perut sedikit kembung, dan sering kentut. Selain itu, balita juga sering menangis dalam waktu lama tanpa sebab ataupun saat malam hari yang disertai dengan batuk.

Pantangan Penyakit Maag Pada Balita

Bila si kecil sudah positif menderita maag, maka Moms harus lebih bijak dalam mengatur pola hidup dan makannya. Hindari beberapa pantangan yang memperparah penyakit maag. Moms harus menghindari makanan asam dan pedas, camilan bertepung, dan mie instan pada balita. Lebih baik berikanlah sayuran dan buah – buahan.

Pengobatan Maag pada Balita

Walaupun si kecil menderita maag, Moms tak perlu panik berlebihan karena sudah ada pengobatan yang tepat untuk si kecil. Karena ini adalah penyakit, pastinya si kecil perlu penanganan dari dokter. Bawalah si kecil ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Biasanya dokter akan memberikan obat maag dan antibiotik. Moms harus mematuhi perintah dokter selama proses penyembuhan agar si kecil bisa segera sembuh dari penyakit maag.

Leave a Reply

 

Like Our page