Merries For Moms

Fakta, Musik Sangat Bermanfaat untuk Otak Si Kecil

0 4
Fakta, Musik Sangat Bermanfaat untuk Otak Si Kecil

Musik ternyata sangat bermanfaat untuk otak si kecil lho Moms! Bahkan manfaat tersebut lebih berpengaruh terhadap kecerdasannya. Jika Moms dan keluarga bukan termasuk penggemar musik, tidak ada salahnya jika Moms mulai mendengarkan musik dari sekarang demi si kecil.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli dari seluruh dunia, mereka menyepakati bahwa musik memberikan manfaat yang sangat penting untuk otak. Namun tidak semua jenis musik dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat ini. Musik yang dianjurkan adalah musik beralunan lembut dan musik klasik karena dapat membantu mengoptimalkan fungsi otak si kecil. Berikut ini adalah beberapa manfaat musik untuk kecerdasan otak anak.

Meningkatkan Kekuatan Otak

Mendengarkan musik dapat merangsang bagian otak yang berkaitan dengan kemampuan membaca, matematika, dan juga perkembangan emosional anak.

Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat

Mendengarkan musik dapat membantu anak mengingat dan mempelajari lebih banyak hal. Sementara itu partisipasi anak sejak usia dini dalam bermusik dapat meningkatkan kemampuan belajar anak dan meningkatkan daya ingat atau memori mereka.

Merangsang Pertumbuhan Otak Kiri

Mendengarkan musik telah terbukti dapat menstimulasi pertumbuhan otak kiri yang berkaitan dengan perkembangan berbahasa. Dengan mendengarkan musik, maka kemampuan anak dalam berbahasa akan meningkat dan akhirnya akan berpengaruh terhadap perkembangan sosialnya.

Membangun Kepercayaan Diri

Mendengarkan musik juga dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Ia akan tampil lebih percaya diri di hadapan orang lain.

Meningkatkan Kecerdasan Spasial

Kecerdasan spasial anak juga dapat ditingkatkan melalui musik. Kecerdasan spasial sangat bermanfaat untuk membantu pemecahan masalah seperti matematika, teknik, seni, dan arsitektur.

Meningkatkan IQ

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Universitas Toronto oleh E. Glenn Schellenberg, terjadi peningkatan IQ pada anak yang diberi pelajaran piano dan musik.

Meningkatkan Aktivitas Otak

Musik telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas otak. Menurut penelitian, ditemukan adanya perubahan dalam gambar otak anak yang dibiasakan mendengarkan musik sejak usia 15 bulan. Menurut studi tersebut ia menjelaskan bahwa anak yang mempunyai kebiasaan bermusik sudah meningkatkan motorik halus, perubahan pada jaringan otak yang mempengaruhi perkembangan kemampuan mereka, dan pencitraan otak. Tidak hanya itu saja, dari sejumlah penelitian neuroscience, anak – anak yang ikut terlibat dalam musik juga mengalami pertumbuhan aktivitas saraf lebih besar dibandingkan orang lain yang tidak bermusik.

Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Anak-anak yang belajar tentang musik sejak dini, mengalami peningkatan 20% dalam matematika dan 22% dalam bahasa Inggris.

artikel terkait

komentar