Merries For Moms

Efek Jangka Panjang Bila Si Kecil Sering Dipukul Ini Harus Moms Ketahui

0 2
Efek Jangka Panjang Bila Si Kecil Sering Dipukul Ini Harus Moms Ketahui

Seringkali Si Kecil tidak mendengarkan perintah Moms atau melakukan kesalahan. Dan, biasanya, yang dilakukan untuk memberitahu atau mendisiplinkannya adalah dengan memukul Si Kecil. Memukul untuk mendisiplinkan bisa dibilang sudah seperti budaya atau keharusan. Tapi, apakah Moms tahu, ternyata ada efek buruk untuk Si Kecil karena kegiatan yang banyak orang anggap sepele ini?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Texas, Austin dan University of Michigan, terdapat efek buruk pada kondisi psikologis dan mental Si Kecil akibat pukulan. Dan ini bukan penelitian sembarangan, loh Moms. Mereka melakukan studi jangka panjang selama 50 tahun dan melibatkan 160.000 subyek seusia Si Kecil. Dan, hasil dari penelitian mereka diterbitkan dalam Journal of Familiy Psychology.

Hasil dari penelitian ini menemukan kalau Si Kecil dapat tumbuh menjadi pribadi dengan kepribadian anti-sosial. Si Kecil juga dapat mempunyai sifat agresif bahkan yang lebih parah, Si Kecil dapat mempunyai masalah kesehatan mental. Menurut salah satu peneliti, Elizabeth Gershoff, seorang profesor keluarga dan ilmu manusia dan Andrew Grogan-Kaylor, ahli dari University of Michigan School of Social Work, pukulan disini bisa dikategorikan semua jenis pukulan. Jadi tidak hanya saat Moms memukul Si Kecil dengan keras. Pukulan pelan sekalipun, ternyata mempunyai efek buruk bagi Si Kecil.

Efek buruk pukulan ini tidak hanya ditemukan dari penelitian ini. Berbagai lembaga di Amerika Serikat, seperti National Association of Pediatric Nurse Practitioners (NAPNA) dan American Academy of Child and Adolescent Psychiatry juga satu pendapat mengenai efek buruk hukuman fisik ini. Bahkan, dua organisasi ini tidak hanya menemukan pukulan sebagai tindakan dengan efek buruk untuk Si Kecil. Marah dengan suara keras atau teriakan juga bisa menimbulkan efek buruk bagi Si Kecil.

Pertanyaan pentingnya, lalu harus bagaimana, dong? Sebenarnya ada banyak cara loh, yang bisa Moms lakukan untuk mendisiplinkan Si Kecil. Salah satunya adalah dengan metode konsekuensi. Jelaskan pada Si Kecil tentang kesalahan yang Si Kecil buat. Lalu, jelaskan pula kalau kesalahan tersebut akan mendatangkan konsekuensi. Dan, banyak hal yang bisa menjadi konsekuensi atau “hukuman” untuk Si Kecil yang sudah melakukan kesalahan tersebut. Mulai dari pembatasan kesenangan hingga konsekuensi mendidik seperti menyebutkan materi pelajaran mereka. Jadi, mulai sekarang hindari segala bentuk hukuman fisik seperti pukulan pada Si Kecil. Kasihan Si Kecil besarnya nanti, Moms!

artikel terkait

komentar