Merries For Moms

Dads, Ini Trik Berbagi Tugas dengan Moms dalam Merawat Si Kecil

0 3
Dads, Ini Trik Berbagi Tugas dengan Moms dalam Merawat Si Kecil

Kehadiran Si Kecil di tengah keluarga tentu akan memberikan warna tersendiri bagi Dads dan Moms. Di sisi lain, rasa lelah kerap mengikuti setelah mengurus Si Kecil yang begitu aktif bermain. Agar rutinitas baru dalam mengurus anak tidak mengganggu jam tidur dan pekerjaan lain, sebaiknya Dads merancang jadwal merawat Si Kecil secara bergantian dengan Moms. Dengan begitu, baik Dads dan Moms serta Si Kecil merasa mendapat quality time yang seimbang.

Berikut ini ada trik yang dapat Dads terapkan untuk membagi waktu merawat Si Kecil bersama Moms:

Berbagi Tugas

Seperti yang telah disebutkan, berbagi tugas sangat penting karena akan membuat Dads dan Moms tak cepat kelelahan. Selain itu, Dads juga dapat memanfaatkannya untuk membangun ikatan batin dengan Si Kecil. Dads pun bisa melatih diri untuk melakukan tugas seperti memakaikan dan mengganti diapers, memberi makan Si Kecil, hingga memandikannya. Di sisi lain, Dads juga dapat memberi waktu istirahat bagi Moms yang sudah melakukan tugasnya dengan baik.

Mengatur Jam Tidur

Bekerja dari pagi sampai malam bukan alasan mutlak bagi Dads untuk tidak mengurus Si Kecil. Luangkan waktu sejenak untuk membantu Moms saat menggantikan diapers Si Kecil, memakaikan pakaian, atau sekadar menemaninya bermain sebelum tidur. Dads juga harus ingat kalau Moms sudah mengurus Si Kecil seharian. Dengan mengurus tugas yang bisa dilakukan di malam hari, Dads juga sudah memberi waktu istirahat bagi Moms.

Bertukar Peran

Tugas-tugas domestik seperti memasak, mencuci, dan membersihkan rumah biasanya dilakukan oleh Moms. Nah, tidak ada salahnya untuk bertukar peran, Dads. Siapa tahu lewat cara ini, ada kemampuan terpendam dari Dads yang bisa dikembangkan. Misalnya membuat hidangan yang selama ini gagal Moms buat atau mampu membersihkan kotoran-kotoran di beberapa bagian rumah yang tidak dapat Moms jangkau. Kegiatan ini bisa meningkatkan keharmonisan rumah tangga juga, lho.

Membuat Jadwal

Jika akhir pekan Dads kosong, tak ada salahnya untuk membuat jadwal kegiatan untuk tugas-tugas yang biasanya dilakukan Moms. Misalnya memandikan Si Kecil atau mengajaknya jalan-jalan keliling kompleks perumahan. Dads juga bisa mengajak Moms dan Si Kecil jalan-jalan ke tempat wisata yang sudah lama diincar. Selain membuat Si Kecil senang, Dads juga secara tidak langsung mengeratkan ikatan emosional di tengah keluarga, lho.

artikel terkait

komentar