Ciri-Ciri Kuku Sehat Si Kecil yang Masih Balita

September 30, 2016
Ciri-Ciri Kuku Sehat Si Kecil yang Masih Balita

Mengetahui kesehatan si kecil dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bahkan kondisi kuku buah hati Moms pun sudah cukup membantu Moms mengetahui bagaimana kondisi kesehatannya. Kuku merupakan bagian kecil yang kurang terlalu diperhatikan. Padahal kuku jika tidak dirawat dapat menjadi sarang bagi kuman dan bakteri. Kondisi dan warna kuku itu sendiri juga berpengaruh terhadap kesehatan fisik anak secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa ciri kuku balita yang sehat.

Kuku Berwarna Merah Muda

Kuku yang sehat adalah kuku yang berwarna merah muda dan tidak pucat. Warna merah muda pada kuku tersebut menunjukkan bahwa si kecil tidak mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Jika kuku balita pucat, maka kemungkinan anak mengalami anemia atau indikasi penyakit lainnya seperti penyakit hati, gagal jantung, dan kekurangan gizi.

Jika kuku anak berwarna kuning, maka ini dapat menjadi indikasi akibat indeksi jamur atau juga dapat disebabkan karena penyakit gondok, penyakit diabetes, paru – paru, da psosiaris. Jika kuku berwarna putih dan bagian tepinya berwarna agak gelap, ini dapat menjadi indikasi adanya masalah pada hati seperti hepatitis. Kuku berwarna kebiruan juga tidak sehat karena merupakan indikasi tubuh kekurangan pasokan oksigen. Hal ini mungkin disebabkan karena infeksi paru – paru.

Kuku Tidak Rapuh

Kuku balita sehat harus kuat dan tidak rapuh. Kuku rapuh ditandai dengan kuku yang mudah patah. Kuku rapuh menandakan bahwa anak kekurangan asupan mineral kalsium.

Permukaan Kuku Halus

Kuku balita seharusnya halus dan mulus ketika diraba. Kuku yang sehat seharusnya tidak memiliki bintik – bintik. Permukaan kuku juga tidak memiliki alur dan tidak terdapat goresan – goresan. Jika permukaan kuku berkerut atau tidak rata, ini dapat menjadi indikasi awal radang sendi (arthritis) atau psosiaris. Pada kuku bengkak, ini dapat menjadi tanda adanya peradangan pada lipatan kuku.

Selain berbagai ciri yang telah disebutkan di atas, ciri lainnya dari kuku balita sehat adalah tidak ada garis warna gelap di bawah kuku dan kuku tidak terlihat kering. Pada balita yang senang menggigit kuku, bagian ujung kukunya biasanya menjadi tidak rata karena digerogoti. Keadaan ini disebut dengan gnawed nails.

Sebenarnya tidak hanya kuku saja yang dapat menjadi indikator buah hati Moms dikatakan sehat atau tidak. Moms juga dapat mengidentifikasi berbagai gejala lainnya melalui berbagai hal seperti rambut, gigi, bentuk kaki, kulit, dan bahkan perilaku.

Leave a Reply

 

Like Our page