Bingung Kenapa Si Kecil Sering Jatuh Saat Berjalan? Ini Alasannya Moms

October 24, 2016
Bingung Kenapa Si Kecil Sering Jatuh Saat Berjalan? Ini Alasannya Moms

Apakah yang akan Moms lakukan kalau melihat Si Kecil mudah terjatuh saat berjalan? Mungkin Moms akan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan orang lain. Moms akan memarahi Si Kecil karena ceroboh dan tidak bisa berhati-hati. Memang sih, bila Si Kecil tidak fokus dan memperhatikan jalan, hal ini bisa terjadi. Namun, Moms harus juga waspada kalau kejadian terjatuh ini sering terjadi. Tidak hanya terjatuh saja. Saat Si Kecil juga mengeluh capek dan tidak bisa berdiri atau berjalan dalam waktu lama, maka hal ini bukan karena Si Kecil malas atau sejenisnya. Sebaliknya, ada kemungkinan terjadi masalah yang lebih besar pada diri Si Kecil.

Yang perlu Moms lakukan adalah membawa Si Kecil ke dokter. Dokter akan memeriksa apa ada kemungkinan jika Si Kecil mengalami dua jenis penyakit yang tanda-tandanya, sama seperti yang disebutkan di atas. Si Kecil mudah terjatuh dan tidak bisa berdiri atau berjalan dalam waktu lama. Dua jenis penyakit yang mungkin terdeteksi adalah Myelomeningocele dan Spina Bifida.

Kedua penyakit ini mempunyai gejala atau kondisi yang bisa dikatakan mirip. Myelomeningocele terjadi karena ada saraf tulang belakang yang keluar dari rongga tulang belakang dan terjepit di antara ruas tulang belakang. Hal ini menyebabkan kelumpuhan sementara. Sedangkan Spina Bifida mempunyai kondisi yang sama dengan Myelomeningocele, tapi penyebabnya berbeda. Saraf yang keluar dari ruas tulang belakang terjadi karena pertumbuhan ruas tulang belakang yang tidak sempurna. Hal ini banyak terjadi pada anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.

Kondisi yang disebabkan oleh dua penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan dan masalah yang lebih besar. Karena itu, Moms perlu membawa Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan terapi untuk mengatasi masalah saraf terjepit ini. Biasanya bila ini terjadi belum terlalu lama, terapi biasa akan mampu mengembalikan kondisinya. Tapi, bila ini terjadi cukup lama, Si Kecil mungkin perlu dioperasi untuk mengembalikan kondisi tubuhnya. Jadi, Moms juga harus siap dengan hal ini.

Selain sering terjatuh, dua masalah ini juga sering menyebabkan Si Kecil mudah kencing. Kemampuan menahan kandung kemih Si Kecil juga akan menurun, yang menyebabkan Si Kecil sering mengompol. Selain dua penyakit tersebut, kejadian SI Kecil sering terjatuh saat berjalan dapat juga diakibatkan karena kelainan bentuk kaki. Ini biasanya terjadi karena penggunaan DIAPERS yang salah.

Leave a Reply

 

Like Our page