Merries For Moms

Berapa Porsi Karbohidrat yang Tepat untuk Si Kecil yang Masih Balita?

0 1
Berapa Porsi Karbohidrat yang Tepat untuk Si Kecil yang Masih Balita?

Karbohidrat adalah salah satu zat yang dibutuhkan tubuh untuk diolah menjadi tenaga. Jadi, bisa dikatakan sumber tenaga untuk tubuh kita adalah karbohidrat. Tapi, bila terlalu banyak mengonsumsinya, lemak juga tidak bisa terbuang dengan sempurna, yang menjadi penyebab tubuh gemuk. Bila ini terjadi pada Si Kecil, maka akan sangat berbahaya. Obesitas pada anak bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan nantinya. Pertanyaan pentingnya, berapa banyak karbohidrat yang sesuai untuk Si Kecil, khususnya yang masih Balita?

Untuk Si Kecil yang masih berusia 1 hingga 3 tahun, jumlah karbohidrat yang paling sesuai untuk Si Kecil adalah 145 gram per hari. Namun, Moms juga harus memilih jenis karbohidrat yang tepat. Jenis karbohidrat yang tepat tidak hanya akan efektif sebagai penyedia energi untuk Si Kecil, tetapi juga mengurangi resiko terjadinya masalah obesitas. Berikut beberapa jenis karbohidrat dan berapa jumlah yang baik untuk balita:

Nasi

Untuk nasi, sumber karbohidrat yang juga menjadi makanan utama orang Indonesia. Moms hanya perlu memberikan 2 hingga 5 sendok makan per satu kali makan. Jumlah ini yang paling sesuai karena nasi termasuk salah satu jenis makanan yang mengandung glukosa atau gula yang tinggi.

Roti

Untuk roti, jumlahnya tergantung jenis rotinya. Roti terbaik adalah roti gandum utuh (whole wheat) yang mengandung serat yang lebih tinggi daripada roti biasa. Untuk jenis ini, Moms bisa menggunakan takaran yang sudah ditetapkan pada standar Angka Kecukupan Gizi (AKG). Menurut daftar AKG, Moms dapat memberikan setengah hingga satu potong utuh roti jenis ini untuk sekali makan.

Sereal

Sekali lagi, menurut takaran AKG, Moms hanya perlu memberikan sekitar 5 hingga 9 sendok makan setiap makan, untuk sereal. Hal terbaik dari sereal adalah tidak hanya mengandung karbohidrat dan serat, tetapi banyak produk sereal yang juga dilengkapi dengan nutrisi lainnya; seperti zat besi atau berbagai jenis vitamin.

Pasta

Ada berbagai jenis pasta yang bisa Moms gunakan untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat Si Kecil. Porsi yang tepat adalah 2 hingga 5 sendok makan setiap kali makan. Namun, perlu diingat agar Moms memasaknya dengan cara yang lebih sehat.

Kentang

Satu buah kentang ukuran sedang sudah cukup untuk kebutuhan karbohidrat Si Kecil dalam satu kali makan. Kentang tidak hanya mengandung karbohidrat, tetapi juga Vitamin C dan B kompleks yang baik untuk Si Kecil.

artikel terkait

komentar