Merries For Moms

Ayah, Pakai Cara Ini untuk Mengajarkan Anak Bersaing

0 32
Ayah, Pakai Cara Ini untuk Mengajarkan Anak Bersaing

Dalam setiap kompetisi pasti ada pihak yang kalah dan juga menang. Bila menang, pastinya akan merasa bahagia. Tetapi, bagi yang kalah, maka akan merasa kecewa, marah, dan nangis. Si kecil yang selalu menang dalam hal apapun pastinya akan terpacu semangatnya untuk bersaing segala hal. Hal ini seringkali berbeda saat si kecil mengalami kekalahan. Si kecil akan merasa kecewa, kehilangan, dan bahkan kesedihan yang berkepanjangan. Agar si kecil mampu bersaing, sebaiknya pakailah beberapa cara di bawah ini.

Mengajari Bahwa Si Kecil Memiliki Kemampuan Berbeda

Sebagai orang tua yang baik dan bijak, sebaiknya Dads mengajarkan bagaimana cara si kecil siap bersaing. Banyak anak yang siap menang tetapi tak siap untuk kalah. Dads bisa mengajari si kecil bahwa setiap anak mempunyai kemampuan yang berbeda. Misalnya, Bayu memiliki kemampuan berlari, Afgan memiliki kemampuan menyanyi, dan Gino memiliki kemampuan menggambar. Hal ini bisa membuat si kecil merasa bahwa memang mereka mempunyai kemampuan yang berbeda sehingga tak mungkin si kecil akan selalu menang saat bersaing dengan mereka.

Mengajari Bahwa Kekalahan Itu Bukanlah Akhir Segalanya

Kekalahan adalah hal yang tak menyenangkan. Apalagi bila yang merasakan adalah si kecil, pastinya hal ini akan membuat si kecil merasa frustasi dan lama untuk menerima kekalahan. Dads harus memberikan pemahaman bahwa kekalahan bukanlah akhir dari segalanya. Kekalahan bukanlah sesuatu yang jelek. Dengan kekalahan, Dads bisa menyemangati si kecil untuk lebih baik dan maksimal dalam bersaing dengan teman – teman di sekolah.

Mencapai Kemenangan Butuh Kerja Keras

Untuk memenangkan sesuatu dalam sebuah persaingan diperlukan usaha keras. Kemenangan tak bisa didapat bila si kecil tidak berusaha dengan baik. Misalnya si kecil ingin memperoleh nilai tertinggi di sekolahan ataupun menang di dalam lomba, tak mungkin rasanya bila kemenangan diraih tanpa belajar ataupun berlatih keras. Dads harus bisa memberikan pemahaman itu agar si kecil mau berusaha untuk menjadi yang terbaik dan memenangkan suatu persaingan.

Pentingnya Kerja Tim dalam Suatu Persaingan Tertentu

Tak semua kemenangan diraih secara individu. Ada beberapa persaingan yang membutuhkan kerja sama tim dalam suatu pertandingan. Misalnya si kecil ikut pertandingan sepakbola atau bulutangkis ganda, maka si kecil tak bisa egois untuk memaksakan kehendaknya dalam memenangkan kompetisi. Jika tetap memaksakannya, bukanlah kemenangan yang diraih tetapi justru kekalahan. Berilah penjelasan tentang hal tersebut.

artikel terkait

komentar