Merries For Moms

Ayah Harus Tahu, Ibu Lebih Stres Ketika Mengasuh Anak

0 40
Ayah Harus Tahu, Ibu Lebih Stres Ketika Mengasuh Anak

Peran sebagai orangtua memang bukan pekerjaan mudah—baik untuk Moms maupun Dads. Tak sedikit orang bertanya, siapa yang paling tertekan dan stres saat mengasuh anak? Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Cornell memberikan hasil yang sangat mengejutkan. Dilansir dari Cbsnews.com, ternyata Moms yang mengasuh si Kecil memiliki kecenderungan mengalami ketegangan atau tekanan berlebih, gangguan tidur, dan kesulitan dalam mendapatkan waktu luang.

Penelitian tersebut dilakukan pada tahun 2010, 2011 sampai 2013 dengan melibatkan 12.000 orangtua di Amerika Serikat. Di sisi lain, hasil riset tadi tidak serta-merta menjelaskan kalau Dads dapat mengasuh si Kecil lebih baik dibandingkan Moms. Menurut guru besar analisis kebijakan dan manajemen Universitas Cornell, Kelly Musick, penelitian itu cenderung menunjukkan beratnya beban Moms dalam mengerjakan tugas-tugas rumah tangga seperti memasak hingga menjaga si Kecil di rumah. Rutinitas yang berulang pun memicu munculnya tekanan dan stres pada Moms.

Sementara itu, ketegangan tadi cenderung tak terjadi pada Dads, karena biasanya para ayah melewati waktu yang menyenangkan saat sedang bersama si Kecil. Sehingga risiko terkena stres pun jauh lebih rendah dibandingkan Moms. Dalam studi yang diluncurkan American Sociological Review, Musick juga menyatakan bahwa waktu luang Dads dengan si Kecil dilakukan saat Moms ada di antara mereka. Hal ini akan berbeda saat Moms mengasuh si Kecil sendirian.

Pendapat lain dituturkan Ine Andriani, Mpsi yang menyetujui penelitian yang dilakukan Musick tersebut. Walau wania dikenal sebagai sosok tangguh, tetapi tingkat stres yang mereka alami saat mengasuh si Kecil lebih besar dibandingkan Dads. Sebab, Moms lebih sering terjaga di malam hari untuk menyusui, mengganti diapers, dan hal-hal lainnya yang bukan hanya menguras tenaga, tetapi juga waktu mereka.

Ine menuturkan ada beberapa cara yang dapat Moms terapkan supaya tetap merasa bahagia dan tidak cepat stres meski harus mengasuh si Kecil seharian penuh. Salah satu di antaranya adalah mengambil waktu untuk me time atau perawatan tubuh tanpa mengajak si Kecil atau Dads. Me time dapat meliputi belanja, pergi ke salon, spa, atau arisan bersama teman-teman lama. Supaya si Kecil tetap terurus, atur waktu bersama Dads. Si Kecil juga dapat Moms titipkan kepada kerabat atau orang tepercaya lainnya.

Hal penting lainnya yang tidak boleh Dads maupun Moms lupakan adalah mempelajari ilmu mengasuh sampai mengontrol emosi yang kerap berubah saat sedang mengasuh si Kecil. Jangan cepat panik saat si Kecil sakit, sabar dan telaten saat si Kecil mogok makan, dan ajaklah si Kecil jalan-jalan. Sehingga baik Dads dan Moms dapat menjadi orangtua yang baik dan dapat mengatasi tekanan atau stres.

artikel terkait

komentar