Merries For Moms

Asah Kemampuan Otak Si Kecil dengan Cara Ini Dads!

0 2
Asah Kemampuan Otak Si Kecil dengan Cara Ini Dads!

Dalam masa pertumbuhannya, otak Si Kecil mengalami perkembangan yang amat pesat. Namun, hanya segelintir orangtua yang memanfaatkan momen tersebut dan malah lebih fokus terhadap pengetahuan serta kecerdasan anak. Padahal setidaknya ada empat aspek yang perlu Dads perhatikan supaya otak Si Kecil berkembang secara optimal.

Empat aspek tadi adalah kemampuan memperhatikan (konsentrasi), daya ingat, pengendalian impuls, dan kemampuan pencernaan. Dads tidak perlu melakukan metode-metode berat untuk meningkatkan aspek-aspek tadi, sebab aktivitas-aktivitas sederhana di rumah berikut ini pun dapat mengasah otak Si Kecil.

Menggambar dan Mewarnai

Dua kegiatan yang erat kaitannya dengan anak-anak ini bukan sekadar menyenangkan, tapi juga mampu meningkatkan daya konsentrasi Si Kecil. Kemudian, Si Kecil juga akan mengerahkan emosi serta seluruh anggota tubuhnya saat menggambar dan mewarnai.

Storytelling (Bercerita)

Membaca cerita atau dongeng sebelum tidur akan membuat Si Kecil terlatih dalam menyimak pada kata-kata yang Dads sampaikan. Otaknya pun akan terstimulasi untuk membayangkan deskripsi dari kisah yang sedang Dads paparkan. Storytelling juga dapat meningkatkan daya ingat Si Kecil.

Bermain Detektif

Kenalkan Si Kecil dengan sebuah benda, lalu sembunyikan benda tadi. Tantang dia untuk menemukan benda tadi lewat petunjuk-petunjuk yang Dads berikan. Permainan ini akan membuat kemampuannya dalam merancang strategi terasah baik.

Memasak Bersama

Dads suka memasak? Manfaatkan kegiatan ini untuk meningkatkan keahlian merancang Si Kecil dan daya konsentrasinya saat sedang mengolah hidangan di dapur. Selain itu, pastikan masakan yang akan Dads buat bersamanya tidak terlalu berat, misalnya biskuit atau cookies.

Role Play (Bermain Peran)

Kegiatan role play bisa membantu Si Kecil dalam mengasah daya ingatnya. Dads dapat mengajaknya bermain dokter-pasien atau polisi-penjahat di rumah. Dads juga bisa membuat kostumnya dari baju dan aksesori atau mainan Si Kecil.

Membuat Playland

Ingin mengajak Si Kecil ke amusement park, tetapi terlalu jauh? Dads bisa menciptakan playland sendiri dari barang-barang di rumah seperti meja, kursi, dan sofa. Buatlah arena yang menantang, sehingga Si Kecil pun terpancing berpikir kreatif untuk melewati setiap rintangan yang hendak dia lewati nanti.

Selain sederhana, kegiatan-kegiatan tersebut akan membantu Dads juga untuk mempersiapkan Si Kecil sebelum masuk ke lingkungan sekolah. Jadi saat bertemu materi atau teman-teman sebayanya, Si Kecil mampu beradaptasi dengan cepat.

artikel terkait

komentar