Merries For Moms

Anak Usia 2-3 Tahun Harus Sudah Menguasai 7 Kebiasaan Ini

0 123
Anak Usia 2-3 Tahun Harus Sudah Menguasai 7 Kebiasaan Ini

Perkembangan Si Kecil di usia-usia dini dapat dikatakan perlu Moms ketahui lebih dalam, agar Moms dapat membantu Si Kecil untuk memaksimalkan masa penting tersebut. Salah satu masa paling penting adalah saat Si Kecil berusia antara 2-3 tahun. Usia ini adalah usia dimana otak Si Kecil mengalami perkembangan yang sangat pesat. Banyak kemampuan baru yang bisa dimiliki oleh Si Kecil. Pada dasarnya, mulai usia 2 tahun, alam bawah sadar dan kesadaran Si Kecil sudah terbentuk. Hal ini membuat Si Kecil dapat melakukan beberapa hal.

Berimajinasi

Sebelumnya, Si Kecil tidak akan bisa membayangkan apa yang terjadi pada suatu benda atau suatu kejadian. Tapi, antara umur 2-3 tahun, Si Kecil sudah memiliki imajinasi yang cukup luas dan detail.

Bereksperimen dengan Hal Baru

Karena kemampuannya untuk berimajinasi atau memiliki ingatan bawah sadar dan sadar yang sudah berkembang pesat, Si Kecil pasti memiliki keingintahuan yang besar. Jadi, pada usia ini, Si Kecil akan sangat aktif dan berusaha mengenal benda-benda maupun hal baru disekitarnya dengan inderanya. Tidak hanya dengan melihat, tetapi juga menyentuh dan merasakan. Jadi, Moms harus benar-benar mendampingi agar Si Kecil tidak terkena masalah.

Mengenal Konsep Kepemilikan

Si Kecil juga sudah mengenal konsep kepemilikan. Mereka akan tahu barang-barang mana yang menjadi miliknya maupun milik orang lain. Ini juga waktu yang tepat bagi Moms untuk mengajarkan disiplin dan tanggung jawab.

Berbicara

Bila Si Kecil tidak memiliki gangguan kesehatan, maka setidaknya Si Kecil sudah dapat berbicara dan menyusun kalimat yang sederhana. Minimal, Si Kecil sudah menguasai 50 hingga 200 kosa kata yang bisa dia gunakan untuk berkomunikasi.

Paham Saat Diperintah

Si Kecil juga sudah paham saat Moms memerintah melakukan sesuatu. Mereka juga paham untuk melakukan hal yang diperintahkan tersebut.

Makan Sendiri

Si Kecil juga sudah bisa makan makanannya sendiri. Karena itu, usia ini juga usia yang paling tepat untuk mengenalkan Finger Foods, demi melatih kemampuan indera peraba dan perasanya.

Bersosialisasi

Si Kecil pada usia ini sudah mulai menunjukkan kemampuan bersosialisasi yang baik. Tapi, ini juga sering menjadi masa rentan Si Kecil. Saat diejek, ada peluang bila hal tersebut dapat menjadi trauma bagi Si Kecil. Disini, Moms harus bisa mendampingi Si Kecil.

artikel terkait

komentar