Anak Menyusui Sampai Usia 2 Tahun? Ini Manfaatnya

February 28, 2017
Anak Menyusui Sampai Usia 2 Tahun? Ini Manfaatnya

Ada banyak orang tua yang memberikan makanan pengganti ASI atau susu formula untuk Si Kecil. Sebenarnya, hal ini tidaklah salah. Namun, akan lebih baik, bila Moms memberikan ASI eksklusif untuk Si Kecil hingga dia berusia 2 tahun. Ada banyak manfaat yang bisa didapat oleh Si Kecil maupun Moms sendiri. Berikut penjelasannya.

Kebutuhan Nutrisi Si Kecil

Dalam ASI, terdapat berbagai nutrisi yang berguna untuk perkembangan tubuh dan otak Si Kecil. Ingat, usia di bawah 2 tahun merupakan usia paling penting karena pada saat itu, mereka mengalami perkembangan yang pesat, terutama otak mereka. ASI mengandung kalori, protein, Vitamin A dan C, antibodi dan berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung perkembangan ini. Kalau dirinci, dengan meminum ASI, kebutuhan 1/3 kebutuhan kalori Si Kecil, 1/3 kebtuhan protein, 45% kebutuhan Vitamin A dan 90% kebutuhan Vitamin C sudah terpenuhi. Ditambah lagi, nutrisi lain seperti asam folat yang penting untuk perkembangan otak dan antibodi yang dapat mencegah berbagai jenis penyakit juga didapat.

Mencegah Penyakit

Seperti disebutkan sebelumnya, antibodi dalam ASI dapat membantu Si Kecil untuk mencegah berbagai penyakit. Hal ini memang sudah terbukti. Bila Moms memberikan ASI setelah Si Kecil berusia 6 bulan, maka resiko Si Kecil terkena alergi dan asma dapat dikurangi.

Sumber Lemak dan Energi

ASI juga bisa dikatakan sebagai sumber lemak dan energi yang aman dan tak tergantikan untuk Si Kecil. Lemak dibutuhkan sebagai cadangan energi, saat Si Kecil sakit dan tubuhnya membutuhkan energi untuk memulihkan kondisinya. Lalu, energi dibutuhkan karena pada saat Si Kecil berusia 2 tahun, fungsi motoriknya berkembang pesat, yang membuat Si Kecil aktif bergerak.

Sistem Pencernaan

Moms perlu tahu bila sistem pencernaan Si Kecil saat masih berusia 2 tahun belumlah terbentuk dengan sempurna. Oleh karena hal ini, pemberian makanan tambahan sebenarnya tidak dianjurkan. Meskipun makanan sudah dilumerkan atau dihancurkan agar mengurangi resiko terjadinya masalah pencernaan, tetap saja ASI adalah yang terbaik. Ditambah lagi, ASI dapat membantu percepatan pembentukan lapisan dalam usus Si Kecil. Lapisan ini dapat menjadi filter yang melindungi tubuh Si Kecil dari berbagai zat berbahaya yang dapat ikut terserap dan menimbulkan alergi.

Manfaat untuk Moms

Dan, terakhir adalah manfaat untuk Moms. Dengan memberikan ASI, maka ikatan batin Moms dan Si Kecil akan semakin kuat. Lagipula, memberikan ASI menjadi pengalaman paling menakjubkan dalam hidup Moms, bukan?

Leave a Reply

 

Like Our page