Merries For Moms

Alasan Si Kecil Enggan Berbaur dengan Teman Sebayanya

0 3
Alasan Si Kecil Enggan Berbaur dengan Teman Sebayanya

Sewajarnya, dalam masa perkembangan dan pertumbuhan, si kecil selalu antusias untuk berbaur dan bermain dengan teman sebayanya. Dia akan sangat senang bila diajak bermain bersama teman – temannya. Tetapi, dalam beberapa kasus, ada beberapa anak yang enggan untuk berbaur dengan teman – teman sebayanya. Moms harus mewaspadai penyebabnya agar bisa mencari jalan keluarnya.

Salah Asuh

Alasan pertama mengapa si kecil enggan bermain dengan teman – teman sebayanya adalah biasanya dikarenakan salah asuh. Kedekatan si kecil dengan teman sebayanya berkaitan erat dengan adanya kesalahan pola asuh si anak yang dilakukan oleh orang tua. Berbaur dengan teman sebaya pastinya membuat si kecil harus bisa bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Seberapa luweskah si kecil bisa melakukannya. Sebaiknya Moms harus melatih kemampuan interaksi si kecil agar bisa lebih mudah untuk bermain dengan teman sebayanya.

Anak – anak yang mempunyai orang tua otoriter ini akan menjadikan masalah pada pola asuhnya. Biasanya Moms menyuruh si kecil menuruti apa perintahnya dan mengabaikan hak – hak anak. Si kecil yang tak bisa menyampaikan pendapatnya membuatnya menjadi pasrah dan diam sehingga hal ini akan membentuk karakternya hingga dewasa. Konsekuensinya, saat si kecil berbaur di lingkungan sosial, maka dia akan kesulitan ataupun cenderung berbuat anarkis sehingga membuatnya dijauhi oleh teman – teman sebayanya. Sikap orang tua yang cenderung permisif yang mana selalu menuruti keinginan dan permintaan si kecil. Cara ini akan membuat si kecil menjadi manja dan tak punya daya juang dalam meraih sesuatu. Pola asuh ini akan membuat anak menjadi egois dan menang sendiri.

Orang tua yang selalu melindungi si anak juga akan membentuk pola asuh salah. Dan, hal ini akan membentuk karakter kurang baik bagi si kecil. Bila si kecil bertengkar dengan teman sebayanya, dan Moms selalu melindunginya. Tentu saja hal ini berdampak padanya yaitu membuatnya menjadi pemalu, kurang percaya diri, dan penakut. Jadi, hindarilah kesalahan pola asuh pada anak karena hal ini membuatnya kesulitan dalam bergaul.

Merasa Memiliki Teman Khayal

Anak kecil mengalami kesulitan dalam bergaul dengan teman sebayanya dapat disebabkan karena imajinasinya memiliki teman khayal. Mereka menganggap bahwa si kecil dapat melakukan sesuatu sendiri dan punya teman di rumah ataupun dimana saja. Hal ini tentu saja membuat si kecil merasa tak butuh kehadiran teman – teman sebayanya. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Moms memberikan hewan peliharaan dibandingkan membiarkannya terus berimajinasi.

artikel terkait

komentar