Merries For Moms

Alasan Kenapa Anak Harus Bisa Bermain Bersama Teman Sebayanya

0 0
Alasan Kenapa Anak Harus Bisa Bermain Bersama Teman Sebayanya

Saat Si Kecil sudah mulai tumbuh besar dan mengenal banyak teman-teman sebayanya, Si Kecil pasti ingin terus bermain bersama mereka. Memang, kalau Si Kecil bermain terus itu tidaklah baik. Tapi, Moms juga tidak boleh melarang Si Kecil untuk bermain dengan teman sebayanya. Hal ini dikarenakan, ada manfaat yang bisa didapatkan oleh Si Kecil dari kegiatan ini. Manfaat ini bahkan mendukung perkembangan Si Kecil.

Melatih Kemampuan Berkomunikasi

Salah satu manfaat paling penting adalah untuk melatih kemampuan berkomunikasi Si Kecil. Bisa dikatakan, saat berhubungan dengan teman sebayanya, Si Kecil akan mudah untuk berbicara. Hal ini dikarenan mereka mempunyai pemikiran dan cara memandang sesuatu yang hampir sama. Selain itu, dengan melatih kemampuan berkomunikasi ini, Si Kecil akan merasa lebih percaya diri dan menghindari sikap minder. Hal ini sangat baik untuk mempersiapkan Si Kecil yang akan masuk sekolah, baik TK maupun SD. Rasa percaya diri ini juga akan mempermudah Si Kecil untuk belajar banyak hal.

Melatih Kemampuan Bersosialisasi

Dengan membiarkan Si Kecil untuk bermain bersama teman sebayanya, maka Si Kecil juga akan dapat lebih mudah bersosialisasi. Hal ini akan berhubungan dengan lingkungan dimana Si Kecil berada. Saat kemampuan bersosialisasi ini terasah dengan baik, maka saat Si Kecil masuk sekolah, Si Kecil tidak akan kesulitan mendapatkan teman. Hal ini akan membuat Si Kecil merasa nyaman dan lebih mudah untuk belajar. Di lain sisi, hal ini juga penting saat Si Kecil harus bersosialisasi di lingkungan tempat tinggalnya.

Menambah Pengalaman

Hal ini sangat penting sekali untuk Si Kecil. Dengan bermain dan berhubungan dengan banyak teman sebayanya, Si Kecil akan mendapatkan banyak pengalaman, informasi dan hal baru untuk dipelajari. Otak Si Kecil yang dalam masa perkembangan yang sangat pesat, akan mendapatkan banyak rangsangan positif dari hal ini. Tentu saja, Moms juga harus mengawasi Si Kecil agar tidak terpengaruh oleh hal negatif dari anak lainnya.

Ditambah lagi, bila bermain dengan teman sebaya Si Kecil, maka Si Kecil akan keluar rumah. Di luar rumah ini ada banyak hal baru yang bisa ditemui oleh Si Kecil. Mulai dari rumah baru, binatang, tumbuhan dan lain sebagainya. Hal inilah yang akan berperan besar untuk perkembangan otak Si Kecil. Jadi, jangan ragu untuk mengijinkan Si Kecil untuk bermain dengan teman sebayanya.

artikel terkait

komentar