Merries For Moms

Agar Kesehatannya Terjaga Batasi Asupan Gula Tambahan Si Kecil Sekarang Juga Ya Moms!

0 1
Agar Kesehatannya Terjaga Batasi Asupan Gula Tambahan Si Kecil Sekarang Juga Ya Moms!

Apakah Moms tahu mengapa Si Kecil sulit sekali untuk makan sayuran? Hal ini disebabkan, syaraf perasa di lidah Si Kecil masih sangat aktif. Hal ini berbeda dengan orang dewasa yang sudah merasakan berbagai makanan, yang membuat syaraf perasa di lidah mereka tidak terlalu tajam. Si Kecil yang belum merasakan terlalu banyak jenis makanan menjadi sangat sensitif dengan rasa. Dan rasa dari sayur yang bisa dikatakan tidak enak, pasti terasa lebih berkali-kali lipat daripada orang dewasa. Di lain sisi, rasa manis menjadi jenis makanan yang paling diterima lidah Si Kecil. Rasa manis seperti ini mampu memberikan rangsangan untuk memproduksi hormon Serotonin yang dapat meningkatkan mood Si Kecil. Perasaan senang dan bersemangat bisa muncul, dan inilah yang disukai Si Kecil.

Tapi, Moms juga harus ingat. Mengkonsumsi banyak gula tidak baik untuk Si Kecil. Konsumsi gula yang terlalu banyak dapat memberikan banyak masalah pada Si Kecil. Menurut Jo Ann Carson, profesor nutrisi klinis dari University of Texas Southwestern Medical Centre School of Health Professions, konsumsi gula yang tinggi dapat menyebabkan diabetes dan masalah berat badan atau obesitas. Dan, hal ini akan berujung pada penyakit lebih serius, seperti penyakit jantung.

Memang, Si Kecil di usia pertumbuhan dan sedang aktif-aktifnya, membutuhkan banyak tenaga untuk beraktivitas dan tumbuh. Hal ini dapat diperoleh dari kalori makanan. Gula mempunyai kalori untuk kebutuhan hal itu. Tapi, seperti yang disebutkan diatas, gula yang terlalu banyak, akan menyebabkan banyak masalah. Jadi, Moms harus membatasi konsumsinya. Lalu bagaimana caranya?

Moms pasti sudah paham  kalau membatasi konsumsi gula untuk Si Kecil merupakan salah satu hal yang sangat sulit dilakukan. Kalau Si Kecil sudah suka akan satu hal, memisahkannya dari hal tersebut akan tentu hampir mustahil untuk dilakukan. Yang perlu Moms lakukan disini adalah mencari pengganti gula dengan sesuatu yang lebih menarik dan enak untuk dikonsumsi. Misalnya dengan menggantinya dengan buah atau susu rendah lemak. Namun, agar menarik perhatian Si Kecil, buat penyajian yang menarik atau olahan makanan atau minuman yang lebih lezat dari pada makanan-makanan manis tersebut. Disini kreatif Moms akan sangat dibutuhkan.

Tapi yang paling penting disini adalah Moms dan Dads sendiri. Si Kecil merupakan seorang peniru ulung. Bila Moms dan Dads menggunakan gaya hidup sehat, maka Si Kecil juga akan menirunya. Jadi, mulai sekarang ubah gaya hidup lebih sehat, konsumsi banyak buah dan ajak Si Kecil untuk hidup sehat juga.

artikel terkait

komentar